Program Rumah Aspirasi Pemberdayaan Perempuan, Ini Penjelasan Wali Kota Bima

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Program Rumah Aspirasi Pemberdayaan Perempuan, Ini Penjelasan Wali Kota Bima

Kamis, 07 September 2023

 

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi SE


Kota Bima, Topikbidom.com – Program rumah aspirasi pemberdayaan Perempuan, sangat memberikan manfaat yang sangat besar di wilayah Kota Bima. Bahkan, telah berhasil meningkatkan kapasitas, pengembangan dan pemahaman rumah aspirasi yang secara positif mempengaruhi peran Perempuan.

 

Hal ini, disampaikan Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi SE, saat membuka Rakor Peningkatan Kapasitas, Pengembangan dan Pemahaman Rumah Aspirasi Pemberdayaan Perempuan bertempat di Aula SMAN 4 Kota Bima, Kamis (7/9/2023). “Tahun ini Kota Bima telah mencapai prestasi signifikan dalam upaya pemberdayaan perempuan melalui program Rumah Aspirasi. Kota Bima telah berhasil meningkatkan kapasitas, pengembangan, dan pemahaman rumah aspirasi yang secara positif mempengaruhi peran Perempuan,” ungkapnya.

 

Kata Dia, seiring berjalannya waktu program Rumah Aspirasi Kota Bima, telah berkembang pesat. Bahkan, tahun ini Kota Bima, telah meluncurkan berbagai inisiatif bertujuan memperkuat peran Perempuan di berbagai sektor. Salah satunya, peningkatan kapasitas perempuan yaitu melalui pelatihan, seminar, dan lokakarya yang berfokus pada berbagai keterampilan, termasuk kewirausahaan, keterampilan, teknologi dan kepemimpinan. “Selain itu banyak juga hal lainnya,” jelasnya.

 

Wali Kota, juga menjelaskan pengembangan infrastruktur Rumah Aspirasi juga menjadi fokus utama. Sampai dengan tahun 2023 ini, pembangunan pusat-pusat aspirasi perempuan yang modern dan inklusif telah terbangun. Tujuanya, membangun Fasilitas ini untuk memberikan tempat yang nyaman dan memadai bagi perempuan untuk berkumpul, belajar, dan berkolaborasi dalam usaha-usaha mereka. Hal ini, ditopang dengan penyediaan fasilitas perpustakaan modern Kota Bima, guna mendukung berbagai agenda pengembangan peran perempuan dalam pembangunan di Kota Bima.

 

“Pemahaman terhadap isu-isu yang dihadapi perempuan Kota Bima juga telah meningkat pesat. Berbagai program pendidikan dan kampanye sosial telah diterapkan untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu perempuan, termasuk kesetaraan gender, kesehatan reproduksi dan pengentasan kemiskinan,” terangnya.

 

Pemerintah Kota Bima, juga telah bekerja sama dengan berbagai organisasi masyarakat sipil dan lembaga swadaya masyarakat untuk mencapai hasil yang signifikan dalam upaya pemberdayaan perempuan. Hasilnya, terlihat dalam peningkatan partisipasi perempuan dalam sektor ekonomi, politik dan sosial.

 

“Kami bangga dengan perkembangan program Rumah Aspirasi pemberdayaan perempuan di Kota Bima. Tahun 2023 menjadi tonggak penting dalam memajukan peran perempuan dalam masyarakat. Kami berkomitmen untuk terus mendukung perempuan dan memastikan bahwa Kota Bima tetap menjadi tempat yang inklusif dan setara bagi semua warganya," paparnya.

 

Saat ini, Tambah Wali Kota, daerah ini telah menunjukkan dedikasi nyata untuk meningkatkan kapasitas, pengembangan, dan pemahaman rumah aspirasi pemberdayaan Perempuan. “Begitu juga dengan masa depan yang lebih cerah bagi perempuan di Kota Bima,” tandasnya. RUL/$