PT SMS: Tanam Tebu Mampu Wujudkan Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

PT SMS: Tanam Tebu Mampu Wujudkan Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Senin, 26 September 2022
Tanaman tebu di wilayah HGU PT SMS, tepatnya di Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu (ist/Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com -  Keberadaan perusahaan perkebunan tebu dan produsen gula yang dikenal dengan mama PT Sukses Mantap Sejahtera (SMS) di Desa Doropeti, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, adalah sebuah perusahaan investasi yang berharga di miliki Bumi Nggahi Rawi (Dompu). Perusahaan milik perseorangan dalam Negeri ini, selain mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat (petani) melalui aktivitas tanam tebu, juga mampu menyerap (membuka) lapangan kerja khususnya untuk warga lokal (khususnya Masyarakat Dompu)


Manajer Eksternal Relation PT. SMS, Muhammad Haryanto, saat memberikan penjelasan kepada sejumlah media (dok: Topikbidom.com)


Apa saja potensi luar biasa dibalik keberadaan PT SMS di Kabupaten Dompu. Berikut penjelasan Manajer Eksternal Relation PT. SMS, Muhammad Haryanto?


PT SMS sudah sejak lama berdiri di wilayah Desa Doropeti, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu. Perusahaan ini, memiliki Hak Guna Usaha (HGU) dengan luas lahan perkebunan mencapai Ribuan Hektar lahan di wilayah Kecamatan Pekat. Lahan ini, tentunya ditanami tebu dengan melibatkan masyarakat sebagai petani tebu (kelompok kemitraan dan lainnya). 


Hasil penanaman tebu ini, sangat menjanjikan peningkatan ekonomi yang sangat luar biasa. Bahkan, sudah banyak petani yang sukses dari hasil menanam tebu. "Tanam tebu sudah jelas hasilnya. Bahkan nilai pendapatan yang didapatkan petani pada saat panen, itu sangat luar biasa besarnya," ungkap Muhammad Haryanto, saat di konfirmasi sejumlah media, Senin (26/9/2022) malam. 


Baca juga: Tanam Tebu Wujudkan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Dompu


Kata Dia, tanam tebu sangat mudah dan tidak seperti menanam komoditi lainnya dalam dunia perkebunan (pertanian). Bahkan, tanam tebu bisa panen sebanyak 4 kali tanpa perlu ditanam lagi. Yang lebih luar biasanya lagi, alam sangat mendukung pertumbuhan tanaman tebu, karena aktivitas tanam tebu hanya dilakukan satu kali saja. Setelah panen pertama, maka tebu yang sudah dipotong (dipanen) akan tumbuh dengan sendirinya tanpa kembali melakukan penanaman. 


"Kita bayangkan saja berapa nilai atau besaran uang yang mampu didapatkan petani selama beberapa kali panen tebu. Tentu jumlah pendapatannya sangat besar," jelasnya. 


Baca juga: Gubernur NTB: Jangan pernah mempersulit Investasi


Baca juga: Pembukaan Giling dan Panen Tebu Tahun 2022, PT SMS Gelar Karnaval Budaya Manten Tebu


Lanjut Haryanto, tanaman tebu tumbuh subur di wilayah Kecamatan Pekat. Mestinya, ini menjadi tolak ukur bagi petani di Kabupaten Dompu, untuk  meningkatkan aktivitas tanam tebu. "Tanam tebu adalah pintu masuk meningkatkan pendapatan (roda) perekonomi masyarakat khususnya para petani," terangnya. 


Bagaimana dengan jumlah penggilingan Tebu PT SMS?


Haryanto, pun menjelaskan penggilingan tebu  PT. SMS tahun 2021 mencapai 118 Ribu ton dan untuk tahun 2022 direncanakan sebanyak 220 Ribu Ton dalam waktu 105 hari atau kurang lebih empat bulan.  Eksistensi PT SMS, tentu sangat bergantung pada para petani tebu terutama petani-petani mitra PT SMS. 


Baca juga: Giling Perdana Tebu, PT SMS Komit Serap Lapangan Kerja Lokal


Baca juga: PT. SMS dan SMK Negeri 1 Pekat Teken Kerjasama Penguatan Skill Industri


"Waktu tiga atau empat tahun kedepan penggilingan bisa mencapai 1 juta ton tebu sehingga daerah Kabupaten Dompu maju sesuai misi pemerintah. Bahkan, musim giling tahun 2022 cukup signifikan," paparnya. 


Bagaimana dengan jumlah tenaga kerja di PT SMS? 


Haryanto, juga menjelaskan jumlah tenaga kerja PT SMS mencapai 468 lebih orang. Jumlah ini, didominasi tenaga kerja lokal yang merupakan warga (putra daerah) Kabupaten Dompu. "Tenaga kerja di PT SMS dari luar NTB 52 orang, 58 orang dari Bima, 333 orang Dompu dan 25 orang berasal dari Sumbawa dan Lombok (Mataram)," paparnya. 


Baca juga: Dinas Perdagangan Perindustrian Dompu dan PT. SMS Gelar Operasi Pasar


Baca juga: Transplantasi Terumbu Karang PT. SMS Dukung Program NTB Hijau


Baca juga: Dukung Ketahanan Pangan, Danramil 1614-05/Pekat Ajak Warga Tanam Tebu


Jumlah ini, menunjukan keseriusan PT SMS membuka lapangan kerja khususnya untuk masyarakat Kabupaten Dompu. "Kehadiran perusahaan ini tentunya lebih fokus menyerap tenaga kerja lokal," tandasnya. RUL