Transplantasi Terumbu Karang PT. SMS Dukung Program NTB Hijau

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Transplantasi Terumbu Karang PT. SMS Dukung Program NTB Hijau

Jumat, 19 Februari 2021

 

GM Plantation Syukur bersama manajemen PT SMS saat mengikat bibit Terumbu Karang pada rangka media

Dompu, Topikbidom.com - Rangkaian kegiatan transplantasi Terumbu Karang di Teluk Saleh melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Sukses Mantap Sejahtera (SMS) berakhir Sabtu (15/2) lalu.  Kegiatan ini diapresasi  Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  karena turut mensukseskan program “NTB Hijau” yang dicanangkan Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah. 


Apresiasi itu disampaikan Kabid Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Dompu, Andi Bahtiar  saat hadir dalam closing ceremony transplantasi yang berlangsung di Pantai Doropeti. “Menurut kami, kegiatan PT. SMS hari ini (Transplantasi) sudah mendukung program yang dicanangkan Gubernur NTB yakni NTB Hijau,” kata Andi Bahtiar. 


Program NTB Hijau tidak hanya mengembalikan ekosistem yang sudah rusak di darat dengan penanaman bibit dan dalam bentuk reboisasi. Menurutnya, mengembalikan ekosistem juga harus dilakukan di laut, seperti yang dikakukan PT. SMS melalui program transplantasi. 


Andi Bahtiar berharap, harus ada upaya merawat dan monitoring agar Terumbu Karang tetap hidup dan menjadi rumah biota laut sekitarnya. Pada kesempatan itu, Andi Bahtiar juga meminta kepada manajemen PT. SMS untuk menghijaukan jalur utama di Desa Doropeti menuju kawasan Pabrik. 


Hal ini agar kesan hijau bisa dirasakan sebelum masuk ke kawasan pabrik. Karena sepanjang jalur dari Desa Soritatanga sampai Doropeti menuju Site PT. SMS terkesan gersang, sehingga perlu dibuat asri dengan penanaman bibit pohon. "Tidak perlu banyak banyak, tapi pastikan bibitnya hidup. Bikin pagar 2 meter supaya tidak diganggu ternak,” sarannya. 

 

Semua pihak ambil bagian dalam kegiatan transplantasi 

Hadir pada kesempatan itu, GM Factory  Djoko Waluyo, GM Plantation Syukur, Department Head HSE Ahmad SC dan perwakilan manajemen lainnya, unsur Pemerintah Desa dan Karang Taruna. 


Djoko Waluyo menjelaskan, program CSR PT SMS  akan terus dijalankan sebagai komitmen lingkungan dan tanggungjawab sosial.  Melalui kegiatan melepas rumpon itu, menjadi kontribusi manajemen PT SMS untuk konservasi kawasan lingkungan. 


Ahmad SC menambahkan, kegiatan itu terlaksana kerjasama antara Media dan External Relations (MER) Department dan Health Savety Environment (HSE) Department, sebagai tindaklanjut rekomendasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi NTB.  


Disebutkannya, total 25 rumpon atau media tanam yang sudah dilepas di laut. Masyarakat diharapkan turut menjaga bibit yang sudah dilepas di dasar laut untuk tujuan merawat Teluk Saleh sebagai Aqurium Dunia.  


All team yang mendukung suksesnya kegiatan Transplantasi Terumbu Karang PT. SMS

Untuk diketahui, kegiatan transplantasi melibatkan lembaga konservasi Komunitas Pecinta Penyu dan Karang (Komppak) Kabupaten Dompu. Melalui lembaga ini, PT SMS melakukan pemberdayaan  masyarakat sekitar melalui dana CSR, seperti penyewaan perahu, penyewaan alat selam, pembelian bibit Terumbu Karang, khususnya merakit besi rangka untuk rumpon Transplantasi.   


Setelah seremoni penutupan, semua tamu undangan diberi kesempatan mengikat Terumbu Karang pada dudukan Rumpon. Dipandu Ketua Komppak, Christian, proses mengikat dengan baik menggunakan kabel ties agar bibit Terumbu Karang tumbuh sesuai harapan. (*)