Tanam Tebu Wujudkan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Dompu

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Tanam Tebu Wujudkan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Dompu

Senin, 04 April 2022
PT. Sukses Mantap Sejahtera (SMS)

Dompu, Topikbidom.com – Kehadiran perusahaan PT. Sukses Mantap Sejahtera (SMS) di wilayah Desa Doropeti, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, tidak hanya mampu menyerap tenaga kerja lokal. Juga, mampu mewujudkan peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Dompu.


Hal itu terbukti semenjak berdirinya pabrik pengelola tebu menjadi gula milik PT. SMS, perubahan nyata terhadap peningkatan ekonomi nampak jelas dirasakan oleh masyarakat yang tentunya memilih untuk melakukan aktivitas penanaman tebu. “Saya adalah warga Kecamatan Pekat yang merasakan dampak kemajuan akan hadirnya PT. SMS. Saat itu, saya memutuskan untuk menanam tebu di lahan perkebunan. Alhamdulillah, hasilnya sangat luar biasa dan mampu merubah kehidupan saya bersama keluarga,” ungkap Ardi (45 tahun) warga Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, NTB, pada wartawan Topikbidom.com, Senin (4/4/2022).


Menanam tebu, sangat mudah dan tidak menguras biaya yang banyak. Bahkan, prosesnya penanamannya pun, sangat gampang dan tidak seperti menanam komoditi tanaman lainnya. Begitu juga, pada saat panen hasilnya keuntungan yang didapat sangat besar. “Pendapatan yang didapat dari hasil tanam tebu sangat luar biasa. Apalagi, pabriknya sudah ada di Kabupaten Dompu,” jelasnya.


Hasil Tanam Tebu, Warga Kecamatan Pekat Bangkit dari “Keterpurukan”?


Ardi menyebut, pedapatan ekonomi yang didapat dari hasil tanam tebu mampu merubah kehidupannya yang dulu biasa saja, sekarang bisa dikatakan mampu untuk memenuhi semua kebutuhan hidup keluarga. Saat ini, dirinya sudah mampu memiliki kendaraan roda dua (motor), membangun rumah dan membiayai anak-anaknya kuliah. “Inilah perubahan nyata yang saya rasakan bersama keluarga,” katanya.


Hal yang sama juga, disampaikan Iskandar (30 tahun) warga Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, NTB. Pada wartawan Topikbidom.com, Ia mengaku ikut merasakan perubahan nyata dalam hal peningkatan ekonomi semenjak hadirnya PT. SMS di Kabupaten Dompu. “Saya sudah beberapa tahun melakukan aktivitas tanam tebu dan hasilnya sangat luar biasa untuk kehidupan saya bersama keluarga,” ungkapnya.


Aktivitas penanaman tebu yang ia lakukan selama ini, mendapatkan dukungan penuh termasuk bimbingan dari jajaran PT. SMS. Maka tidak heran, jika hasil tebu ini mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat. “Inilah nikmat yang kami rasakan dari hasil tebu. Termasuk mampu merubah pendapatan menjadi meningkat,” jelasnya.


Kehadiran PT. Sukses Mantap Sejahtera, Mampu Wujudkan Lapangan Kerja untuk Masyarakat Lokal?


Kehadiran PT. SMS di Kabupaten Dompu, tidak hanya mampu meningkatkan pedapatan ekonomi masyarakat. Akan tetapi, juga mampu menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat lokal. Hal itu, terbukti saat ini ada banyak masyarakat Kabupaten Dompu, khususnya putra dan putri di Kecamatan Pekat. “Semenjak Pabrik Gula PT. STM dibangun di Dompu, ada banyak tenaga kerja lokal yang direkrut. Saya adalah satu orang yang merasakan manfaat (bisa bekerja) di perusahaan itu,” kata Syamsul (28 tahun) warga Kecamatan Pekat.


Kata Dia, ditengah sulitnya lapangan pekerjaan, PT. SMS hadir memberikan peluang kerja untuk masyarakat. Artinya, keberadaan perusahaan setempat banyak memberikan kontribusi besar untuk daerah dan masyarakat, khususnya di Kecamatan Pekat. “Alhamdulillah, saya sudah lama bekerja dan hasil yang saya dapatkan selama bekerja sangat luar biasa untuk memenuhi segala kebutuhan hidup,” jelasnya.


Menurut Syamsul, mestinya sebagai warga Kabupaten Dompu, sangat bersyukur dengan adanya PT. SMS di Kabupaten Dompu. Apalagi, perusahaan ini sudah banyak memberikan kontribusi untuk daerah dan masyarakat. Bahkan, perusahaan ini sudah banyak berbuat terutama di bidang sosial kemasyarakatan. “Pak wartawan bisa cari tau sendiri di lapangan seperti apa yang sudah dilakukan oleh perusahaan tersebut,” katanya lagi.


Lantas apa tanggapan pemerintah dengan hadirnya PT. SMS?


Bupati Dompu, melalui Sekertaris Daerah (Sekda) Gatot Gunawan Perantauan Putra SKM M.Mkes mengatakan, keberadaan perusahaan yang melakukan ivestasi di Kabupaten Dompu, khususnya PT Sukses Mantap Sejahtera (SMS) sangat luar biasa dan memberikan dampak kemajuan bagi masyarakat dan daerah. “Artinya, kehadiran perusahaan investasi di Kabupaten Dompu sangat menunjang kemajuan,” jelasnya, saat di konfirmasi di ruang kerjanya.


Ia menyebut, PT. SMS selain mampu membuka lapangan pekerjaan khususnya tenaga kerja lokal (masyarakat) di Kabupaten Dompu. Juga, mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat yang melakukan aktivitas menanam tebu. “Alhamduillah, banyak tenaga kerja lokal yang sudah direkrut (bekerja) di perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan tebu dan produksi Gula,” terangnya.


Lanjut Sekda, pemerintah daerah tentunya mendukung keberadaan dan aktivitas PT. SMS di Kabupaten Dompu. “Selama itu mampu memajukan daerah dan mensejahterahkan masyarakat, pemerintah akan tetap mendukung,” tandasnya. RUL