Kecamatan Hu'u Dilanda Banjir, Sejumlah Rumah Warga dan Fasilitas Umum Rusak Parah

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Kecamatan Hu'u Dilanda Banjir, Sejumlah Rumah Warga dan Fasilitas Umum Rusak Parah

Kamis, 25 November 2021

 

Inilah kondisi rumah di Kecamatan Hu'u akibat dampak pohon tumbang dan bencana banjir (ist/ Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Bencana banjir kembali terjadi di wilayah Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Kamis (25/11/2021) malam, sekitar pukul 03.30 Wita. Banjir ini, mengakibatkan sejumlah rumah dan fasilitas umum di wilayah Dusun Ncangga, Desa Huu, rusak parah. 


Dandim 1614/Dompu, melalui Dan Unit Intel Kodim 1614/Dompu, Komandan Unit (Dan unit) Intel Kodim 1614/Dompu Letda Inf. Hamzah, pada wartawan Topikbidom.com, membenarkan adanya kejadian bencana banjir melanda wilayah Kecamatan Hu'u yang mengakibatkan rumah warga dan fasilitas umum, mengalami kerusakan. "Bencana banjir ini terjadi sekitar pukul 03.30 wita malam," ungkapnya, Jumat (26/11/2021).


Letda Inf. Hamzah menyebut, berdasarkan data yang dihimpun anggotanya di lapangan, bahwa banjir ini disebabkan oleh intensitas hujan yang sangat turun deras disertai angin kencang melanda wilayah Kecamatan Hu'u, sekitar pukul 20.30 wita.


"Hujan deras yang disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa rumah warga dan fasilitas umum di Dusun Ncangga Desa Hu'u. Kemudian, tak lama kemudian banjir datang dalam menggenangi rumah rumah warga," bebernya. 











Letda Inf. Hamzah juga menyebut, rumah warga yang tertimpa pohon tumbang dan digenangi banjir yakni milik Ibrahim (umur 70 tahun) warga Dusun Cangga, Desa Hu'undan rumah milik Baba Agani (umur 27 tahun) seorang pedagang warga Dusun ncangga Desa Hu'u.


Selain itu, juga fasilitas umum (hotel Alamanda) Lakey, Kecamatan Hu'u, milik Made Supatra (umur 50 tahun). Satu unit pondok pantai Lakey. Jalan lintasan pantai Lakey rusak berat dan fasilitas listrik penerang jalan lintasan Lakey. "Kondisi rumah rumah dan fasilitas umum serta lainnya ini mengalami kerusakan yang sangat parah," jelasnya. 


Tambah Letda Inf. Hamzah, akibat kejadian ini, menimbulkan kerugian ditaksir mencapai Ratusan Juta Rupiah. "Kerugian diperkirakan mencapai Ratusan juta," terangnya. 


Sambung Letda Inf. Hamzah, Jumat (26/11/2021) pagi, Pemerintah Desa Hu'u dan Anggota Koramil serta lainnya  turun di lapangan untuk membersihkan pohon dan membantu warga. "Tadi pagi, para pihak turun ke lapangan untuk melakukan penanganan dampak pohon tumbang bencana banjir," jelasnya lagi. 


Sementara itu, sampai berita ini diunggah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dompu, belum berhasil diwawancarai mengenai kejadian ini, termasuk seperti apa penanganan terhadap dampak bencana banjir di lokasi setempat. RUL