Bupati Dompu Kagum dan Puji Keindahan Geopark Tambora

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Bupati Dompu Kagum dan Puji Keindahan Geopark Tambora

Selasa, 06 April 2021

 

Bupati Dompu Kader Jaelani (foto ist)

Dompu, Topikbidom.com - Bupati Dompu Kader Jaelani, merasa bersyukur dan bangga keberadaan Geopark Tambora (Taman Bumi) yang diciptakan oleh Allah SWT. Geopark Tambora yang terletak di lokasi Taman Nasional (TN) Tambora wilayah Desa Sori Tatanga, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, ini menyuguhkan pemandangan panorama alam yang sangat indah. 


"Kami bersyukur atas anugerah yang diciptakan Allah SWT. Geopark Tambora ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa," ungkapnya, saat memberikan sambutan dalam acara Festival Geopark Tambora Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh pengelola Geopark Tambora di kaki gunung Tambora, tepatnya di wilayah Desa Sori Tatanga, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, yang juga dihadiri oleh para pihak termasuk Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah M.Sc, beserta rombongannya, Selasa (6/4/2021). 


Bupati Dompu Kader Jaelani, saat menyampaikan sambutannya pada Festival Geopark Tambora Tahun 2021


Bupati Dompu bersama Ketua DPRD Dompu, foto bersama para pihak usai menyerahkan piagam 




Pada kesempatan ini juga, Bupati mengucapkan selamat datang kepada Gubernur NTB beserta rombongannya. "Selamat menikmati panorama alam Tambora dan berbagai destinasi yang dimilikinya seperti Sarae Nduha, Pemandian Hodo, Oi Rai serta Savana dan Kaldera Tambora yang luar biasa indahnya," ucapnya. 


Bupati menyebut, Pemkab dan masyarakat Dompu menyambut baik festival Geopark Tambora. Sebagai masyarakat Dompu yang dikenal dengan motto Bumi Nggahi Rawi Pahu, sangat bersyukur adanya kekayaan alam berupa Geopark Tambora di kaki Gunung Tambora yang diciptakan Allah SWT. 


"Kekayaan alam ini mesti dijaga dan dilestarikan. Item ini tentunya memberikan nilai tambah yang baik bagi peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat maupun daerah, provinsi dan nasional," terangnya. 


Menurut Bupati, mengenai pengembangan Geopark Tambora, Pemda bersama pengelolaan Geopark Tambora akan selalu berupaya menginisiasi pola pembangunan ekonomi masyarakat dan daerah melalui sektor industri pariwisata yang dikemas dalam konsep pariwisata yang berkelanjutan.


Selain itu, juga membantu menjaga keberlangsungan dan pemanfaatan keunikan geologi, budaya dan alam secara berkelanjutan. Mendorong keterlibatan masyarakat setempat sebagai pelaku utama menjaga kelestarian alam di sekitar Geopark Tambora. "Ini bertujuan agar dapat dinikmati dan dirasakan secara berkesinambungan oleh generasi kedepan," jelasnya. 


Lanjut Bupati, Pemkab Dompu akan mengawal berbagai program dan kegiatan pembangunan yang diarahkan pemeritah provinsi NTB. Selain itu, juga ikut menjaga dan melindungi kelestarian Hutan di Kabupaten Dompu, khususnya kawasan hutan di lereng Tambora yang menjadi TN Geopark Tambora. 


"Berbagai bencana alam, terutama banjir yang menimpa Kabupaten Dompu, menjadi pembelajaran berharga bagi kita semua untuk kembali memperhatikan dan mengelola lingkungan alam dengan sebaik baiknya agar tetap lestari," paparnya. 


Sambung Bupati, pengembangan budidaya tanaman Porang yang menjadi bagian dari program Jara Pasaka yang menjadi program unggulan Kabupaten Dompu, diyakini akan mampu mengembalikan fungsi hutan."Semoga Geopark Tambora yang berada di hamparan gunung terbesar di pulau Sumbawa ini menjadi destinasi wisata pariwisata dunia untuk kemakmuran dan kesejahteraan bersama," harapnya. 


Pantauan wartawan Topikbidom.com, Festival Geopark Tambora ini, selain dihadiri Gubernur NTB, juga hadir  Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan ST, MT, Pj Sekda Dompu H Moh Syai'un HAZ SH M.Si, beserta jajaran pejabat dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Dompu, Kepala Taman Nasional (TN) Tambora dan General Manager Geopark Tambora. Hadir pula, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar Jufri A.Md, Par, Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.Kom, Kejari Dompu Mei A. Beto SH MH dan sejumlah tamu undangan lainnya. 










Menariknya, kehadiran para undangan ini pun, disambut oleh berbagai aktraksi tarian adat budaya, salah satunya tarian Wura Bongi Monca (Menabur Beras Kuning) sehingga semakin menambah kemeriahan Festival Geopark Tambora tersebut. Tidak hanya itu, pada acara ini pun juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan kegiatan lainnya. 


Menariknya juga, saat tiba di lokasi Doro Ncanga (Padang Savana) tepatnya di rumah kuning Desa Sori Tatanga, Kecamatan Pekat, Gubernur NTB bersama Bupati Dompu, Wakil Bupati Dompu, Ketua DPRD Dompu, Dandim 1614/Dompu dan Kejari Dompu, menaiki motor Trail menuju lokasi TN Tambora (Geopark Tambora) wilayah Desa Sori Tatanga setempat. 









Mereka pun, melaju dengan motor Trail layaknya seperti orang orang yang tentunya memiliki hobi trabas. Disepanjang jalur pendakian gunung Tambora, mereka menikmati pemandangan alam yang sangat luar biasa hingga sampai di lokasi pos pertama jalur pendakian gunung (Geopark Tambora) tersebut. 


Tidak hanya itu saja, usai menghadiri Festival Geopark Tambora, Bupati Dompu, Wakil Bupati Dompu, Ketua DPRD Dompu, Dandim 1614/Dompu dan Kajari Dompu, serta lainnya kembali melanjutkan perjalan dengan menaiki motor Trail menuju Pos 2 jalur pendakian ke Gunung Tambora. 


Setelah kembali dari Pos 2 tersebut terlihat aura wajah mereka pun merasa bahagia, seperti layaknya orang orang yang merasa puas telah menikmati keindahan alam ciptaan Allah SWT. Rasa kepuasan ini pun, tentunya mereka akhiri dengan makan bersama di lokasi Geopark Tambora sampai hari mulai gelap (malam hari).(Rul)