KPU Dompu Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada Serentak 2024

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

KPU Dompu Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada Serentak 2024

Kamis, 04 April 2024
Sosialisasi Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024


Dompu, Topikbidom.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu, Kamis (4/4/2024) menggelar sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Dompu Tahun 2024. Sosialisasi ini dilaksanakan KPU dalam rangka menjelaskan dan memaparkan berbagai tahapan kegiatan dalam rangka mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi.

 

Acara yang berlangsung di Caffe La Berka Kelurahan Bali I Kecamatan Dompu, ini dipimpin Ketua KPU Dompu Arif Rahman, didampingi jajaranya di KPU setempat. Hadir juga, Bupati Dompu, H Kader Jaelani, Anggota Forkompimda, Ketua Pengadilan Negeri Dompu, Komisioner KPU, Komisioner Bawaslu, Kepala Dinas Kesehatan, Camat, Kabag Prokopim Setda Dompu, Pengurus Partai Politik dan undangan lainnya.

 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dompu Arif Rahman SH, melalui sambutannya menyampaikan ini adalah kegiatan sosialisasi tahapan Pilkada serentak tahun 2024. Kegiatan ini merupakan bagian terpenting dalam tahapan Pilkada yang dilaksanakan KPU. “Kita akan membahas seperti apa tahapan dan lainnya dalam Pilkada serentak,” ujarnya.

 

Ia, juga menyampaikan tanggal 1 April 2024 kemarin telah dilaksanakan launching secara Nasional yang menandakan persiapan pelaksanaan Pilkada serentak. Saat ini, pihaknya selaku KPU sedang melakukan evaluasi penetapan Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Mengenai TPS memang ada perubahan,” jelasnya.

 

Pada momentum ini, Arif Rahman juga menyakinkan publik bahwa pihaknya selaku KPU tetap menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan dan undang-undang yang berlaku. “KPU sebagai penyelenggara pemilihan umum yang terpercaya dengan integritas yang tinggi. Peran kami tentu dilaksanakan penuh tanggungjawab, berintegritas tinggi, patuh dan taat pada ketentuan yang berlaku,” terangnya.

 


Bupati Dompu, saat menyampaikan kata kata sambutannya 


Semetara itu, Bupati Dompu H Kader Jaelani, melalui sambutannya meminta KPU dan Bawaslu agar melaksanakan tugas dan fungsinya secara adil.  Termasuk dapat bersikap adil kepala semua calon peserta Pilkada. “Ini yang perlu disadari KPU dan Bawaslu,” ujarnya.

Sebagai Kepala Daerah (Bupati), dirinya tidak akan mengintevensi penyelenggaraan Pilkada serentak. “Kami percaya KPU dan Bawaslu mampu menjalakan tugasnya dengan baik demi menciptakan Pilkada yang jujur dan adil,” jelasnya.

 

Bupati menyebut, Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, apalagi penyelenggaraan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota telah sukses dilaksanakan. Dalam waktu dekat akan dilanjutkan dengan pemilihan Gubernur dan wakil gubernur, Wali kota dan wakil wali kota serta pemilihan Bupati dan wakil bupati.

 

“Agenda pesta demokrasi berikutnya menjadi pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa dan masa depan negara dengan melibatkan jumlah pemilih yang sangat besar. Pengalaman yang dimiliki dalam penyelenggaraan pemilu-pemilu sebelumnya, Kabupaten Dompu memiliki bekal pengetahuan yang cukup untuk mempersiapkan pemilu 2024 agar jauh lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya,” terangnya.

 

Menurut Bupati, suksesnya penyelenggaraan pemilu 2024 tidak hanya menjadi tanggungjawab dari penyelenggara pemilu saja (KPU dan Bawaslu), akan tetapi menjadi tanggungjawab bersama seluruh masyarakat dan pemerintah. Ia, menyebut salah satu peran pemerintah yakni sudah membentuk tim Desk Pilkada serentak (Bupati dan wakil bupati). “Tim desk ini membantu kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang, dan kewajiban penyelenggaraan pemilu,” paparnya.

 

Tambah Bupati, bantuan dan fasilitasi yang diberikan terkait dengan penyelenggaraan Pilkada serentak tentunya sudah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sebagai bentuk antisipasi terjadinya hal-hal yang akan menghambat proses tahapan pelaksanaan, sehingga berjalan sesuai dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Selain itu, juga menekan, mengurangi dan mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran yang terjadi.

 

“Kabupaten Dompu harus siap melaksanakannya secara berkualitas dan bermartabat, tidak hanya dari sisi pelaksanaan, tapi juga kondusivitas daerah harus mampu dijaga dengan baik,” jelasnya lagi.

 

Pada momentum ini, pun Bupati menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Forkopimda termasuk TNI Polri, atas terjaganya kondusivitas daerah, keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). “Mari kita terus bekerjasama dalam mensukseskan Pilkada serentak 2024 dan mari bersama memajukan Bumi Nggahi Rawi Pahu,” terangnya lagi.

 



Menariknya, pada kegiatan ini selain sosialisasi dan dialog serta tanya jawab, juga dirangkaikan dengan acara buka puasa bersama di lokasi pelaksanaan kegiatan (Laberka Café). RUL/Advertorial