Peresmian FASKES UPTD LABKESDA DAN PSC 119, Bupati: Pelayanan Kesehatan untuk Masyarakat harus terus Ditingkatkan

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Peresmian FASKES UPTD LABKESDA DAN PSC 119, Bupati: Pelayanan Kesehatan untuk Masyarakat harus terus Ditingkatkan

Rabu, 12 April 2023

 

Bupati Dompu H Kader Jealani


Dompu, Topikbidom.com – Bupati Dompu H Kader Jaelani mengatakan gedung baru UPTD Laboraturium Kesehatan Daerah (Labkesda) dan Public Service Centre (PSC 119) yang berlokasi di halaman Kantor Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu, ini representatif, tempatnya strategis dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

 

Kata Dia, pemeriksaan kualitas air bersih, penegakan diagnosa penyakit dan kejadian kegawat daruratan seperti kecelakaan yang membutuhkan pertolongan medis  bisa ditangani lebih cepat, dekat, bermutu dan profesional. “Keberadaan Fasilitas Kesehatan  (faskes) ini  juga mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), bahkan lebih optimal,” ungkap Bupati Dompu, H Kader Jaelani, saat meresmikan Gedung Baru FASKES UPTD LABKESDA DAN PSC 119 di halaman kantor Dikes Dompu, Selasa (11/4/2023).





Pada acara peresmian yang juga dihadiri Wakil Bupati, Pimpinan dan anggota DPRD, Anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah, pejabat struktural dan fungsional Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, Ketua TP. PKK, Ketua GOW, DWP, Pimpinan BUMN/BUMD Ketua MUI, Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Dompu serta jajaran karyawan Dinas Kesehatan, Bupati juga meminta agar pemakai fasilitas gedung agar sarana dan Prasarana yang telah dibangun dapat dipelihara dan dijaga kebersihannya. Bahkan, masyarakat maupun pihak swasta memanfaatkannya dengan baik. “Alhamdulillah sekarang siapapun yang ingin menggunakan jasa laboraturium tidak perlu lagi keluar Dompu,” jelasnya.

 


Sekertaris Dinas Kesehatan Dompu


Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Omiyati Fatimah M.P.H, melalui laporannya pada acara peresmian tersebut mengatakan, pembangunan gedung Labkesda dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik APBD Kabupaten Dompu  tahun 2022 dengan biaya (anggaran) lebih kurang Rp5 milyar. Ia menjelaskan, Labkesda Pemerintah Kabupaten Dompu merupakan peningkatan kelas dari UPTD sebelumnya yang memberikan layanan kesehatan lebih lengkap dan kompleks.“Manajemen Labkesda nantinya kelola oleh 12 tenaga ahli yang terdiri dari analis, perawat dan Dokter Umum,” paparnya.

 

Kemudian, PSC 119 khusus menangani pasien kegawat daruratan, mempunyai armada  3 motor trail, dan dua ambulan. “Armada ini digunakan untuk mengangkut segera pasien kegawat daruratan seperti ibu hamil, korban kecelakaan, kebakaran dan sebagainya agar bisa langsung ditangani secara cepat dan tepat,” tandasnya. RUL/*