Kesbangpoldagri Dompu Laksanakan Rekrutmen dan Seleksi Paskibraka 2024

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Kesbangpoldagri Dompu Laksanakan Rekrutmen dan Seleksi Paskibraka 2024

Sabtu, 20 April 2024
Inilah momentum Rekrutmen dan Seleksi Anggota Paskibraka Dompu Tahun 2024


Dompu, Topikbidom.com – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Kesbangpoldagri) Kabupaten Dompu, dibawah kendali Kepala Kesbangpoldagri Dompu Ardiansyah SE, melaksanakan pembentukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Dompu Tahun 2024. Seleksi Paskibraka ini, selain mencari generasi pengibar sang saka (bendera) Merah Putih, juga untuk mensukseskan upacara memperingati Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945.

 

Kepala Kesbangpoldagri Dompu, Ardiansyah SE 


Pelaksana dalam Rekrutmen dan Seleksi Paskibraka Tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2024, Ardiansyah SE (Kepala Kesbangpol Dompu), mengatakan saat ini pihaknya tengah disibukan dengan rekrutmen dan seleksi anggota Paskibraka. Kegiatan ini, telah dimulai sejak tanggal 7 Februari 2024. “Saat ini kami sedang melakukan rekrutmen dan seleksi anggota Paskibraka,” ujarnya pada media ini, Sabtu (23/4/2024).

 



Ia menyebut, berbagai rangkaian dalam rekrutmen dan seleksi paskibraka ini mulai dari pengumuman seleksi administrasi melalui pendaftaran secara online, test tulis kaitan dengan wawasan kebangsaan, intelejensi umum, kesehatan dan test parade. “Berbagai rangkaian ini sudah dilaksanakan pada bulan Maret 2024 kemarin,” jelasnya.

 

Lanjut Ardiansyah, sedangkan mengenai rangkaian kegiatan di bulan April ini yaitu dilanjutkan dengan tes PBB, Kesamaptaan dan tes wawancara seleksi kepribadian. “Ini juga kegiatan yang sudah dan akan kami lakukan pada bulan April tahun ini,” terangnya.

 

Ia, juga menjelaskan rekrutmen dan seleksi Pasibraka banyak diminati oleh para siswa dan siswi di masing-masing sekolah (SMA dan SMK kelas 10) yang ada di wilayah Kabupaten Dompu. Jumlah peserta yang mengikuti (mendaftar) sebanyak 206 orang. Kemudian, setelah panitia melakukan verifikasi administrasi menjadi 163 orang peserta yang diantaranya 111 orang putra dan 52 orang putri.

 

“Setelah melalui berbagai tahapan test, tersisa sampai pada tahapan tes PBB sebanyak 48 orang dengan rincian 18 orang putri dan 30 orang putra. Jumlah komposisi Paskibraka yang akan ditugaskan yaitu 40 orang dengan formasi 16 orang putri dan 24 orang putra. Artinya, jumlah ini tentunya berdasarkan penilaian daro perengkingan tertinggi. Bahkan bagi peraih nilai tertinggi nantinya akan mengikuti seleksi di tingkat Provinsi NTB,” paparnya.

 

Lantas adakah kendala dalam rekrutmen dan seleksi Paskibraka Tahun 2024?

 

Ardiansyah, mengaku tidak ada kendala dan berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan bersama. Ia, pun menyebut tim rekrutmen dan seleksi ini, diketuai oleh Sekda Dompu dan dirinya selaku koordinator (rekrutmen dan seleksi Paskibraka) dibantu tim seleksi dari TNI Polri, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) dan Paskibraka Duta Pancasila (PPDP). “Alhamdulillah, peran dan tugas dilaksanakan dengan baik,” jelasnya lagi.

 

Apa harapannya dalam kegiatan rekrutmen dan seleksi Paskibraka Tahun 2024?

 

Adiansyah, juga mengatakan pihaknya sama – sama berharap mereka (putra dan putri yang lolos seleksi) bisa melaksanakan tugas dengan baik, terutama pada saat pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI.


”Kami juga tidak lupa menyampaikan rasa syukur dan bangga atas semua dukungan para pihak dalam kegiatan ini. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada jajaran sekolah di Kabupaten Dompu. Semoga kegiatan ini terus berjalan lancar sampai pada puncak rangkaian kegiatan,” tandasnya. RUL