Demo Soal PPPK, Massa KOMIK Dompu Hampir Adu Jotos dengan Guru

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Demo Soal PPPK, Massa KOMIK Dompu Hampir Adu Jotos dengan Guru

Selasa, 16 Mei 2023

 

Situasi sempat memanas dan hampir terjadi adu jotos antara massa aksi KOMIK Dompu dengan salah satu guru di lokasi dialog di kantor Dinas Dikpora Dompu (dokumen topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com – Aksi unjuk rasa (demo) mempertanyakan mengenai seleksi (Tes) Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) khusus guru yang berlangsung di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Dompu, Selasa (16/5/2023) berujung ricuh. Massa aksi yang menamakan diri Forum Komunitas Masyarakat Miskin Kota (KOMIK) Dompu, ini hampir adu jotos dengan guru, saat berlangsungnya dialog antar massa aksi dengan pihak Dinas Dikpora.

 

Koordinator Lapangan (Korlap) Muktamar SH, mengatakan terdapat masalah dalam seleksi (tes) PPPK khusus guru di Kabupaten Dompu. Kaitan ini, terungkap ada 8 orang guru yang seharusnya dinyatakan lulus, tapi malah tidak lulus. “Inilah alasan kenapa kami melakukan aksi demo hari ini di kantor Dinas Dikpora,” ungkapnya.

 

Berangkat dari hal ini, massa aksi meminta agar Dinas Dikpora bertanggung jawab terhadap 8 orang guru yang tidak lulus Observasi. “Kami menduga 8 orang itu sengaja digantikan oleh orang – orang yang memiliki hubungan dekat dengan kekuasaan,” bebernya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Dompu, Drs. H Rifaid M.Pd, dihadapan massa aksi membatah kaitan tudingan KOMIK Dompu. Ia menjelaskan, kaitan tes PPPK Guru, itu kelulusannya ditentukan oleh pihak pusat dan pemerintah daerah hanya menjalankan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan tugas serta tupoksi yang diberikan pusat. “Kami sudah menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada. Artinya, tidak ada kewenangan kami untuk menentukan lulus atau tidaknya guru pada tes PPP itu,” tegasnya saat melakukan dialog dengan massa aksi KOMIK.

 



Pantauan media ini, saat dialog berlangsung, hampir terjadi adu jotos antara massa aksi KOMIK (Muktamar SH) dengan salah satu orang Guru yang ikut hadir di lokasi dialog. Namun, situasi yang memanas ini, mampu diredam oleh sejumlah aparat Kepolisian Polres Dompu bersama beberapa orang yang ada di lokasi yang saat itu langsung melerai, hingga suasana kembali kondusif. RUL