Satu Tahun Menuju Pemilu 2024, Bawaslu Deklarasi Siaga Pengawasan

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Satu Tahun Menuju Pemilu 2024, Bawaslu Deklarasi Siaga Pengawasan

Selasa, 14 Februari 2023
Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2024


Dompu, Topikbidom.com - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dompu, Selasa (14/2/2023) malam sekira pukul 20.36 WITA, melaksanakan kegiatan Siaga Pengawasan dengan tema Satu Tahun Menuju Pemilu 2024 (14 Februari 2023 - 14 Februari 2024) yang dirangkaikan dengan deklarasi kampanye damai pemilu  tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan Pemilu yang jujur, adil dan berintegritas tahun 2024.  


Kegiatan yang berlangsung di halaman kantor Bawaslu Dompu, ini dipimpin Ketua Bawaslu Dompu Drs. Irwan didampingi seluruh jajaran di kantor Bawaslu Dompu. Pada momentum ini, juga hadir Bupati Dompu H Kader Jaelani dan Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar A.Md Par, Perwakilan Kapolres Dompu, Dandim 1614/Dompu dan Perwakilan Kajari Dompu. 


Selain itu, juga hadir Ketua MUI Dompu, Kepala Bakesbangpoldagri Dompu, Kepala Dukcapil, Kepala Kemenag, Camat Dompu, Para Ketua Partai Politik, Organisasi Masyarakat, Tokoh Agama, Perempuan dan tokoh Pemuda, Media Masa, Ketua dan Anggota  Panwascam dan Kepala Sekretariat Panwascam Se-kabupaten Dompu, Staf Sekretariat Panwascam Dompu, Woja dan Pajo, Panitia Pengawas kelurahan dan desa Kecamatan Dompu, Woja dan Pajo serta undangan lainnya. 


Ketua Bawaslu Dompu, Drs. Irwan, menyampaikan malam ini adalah kegiatan Siaga Pengawasan dengan tema Satu Tahun Menuju Pemilu 2024 (14 Februari 2023 - 14 Februari 2024) yang dirangkaikan dengan deklarasi kampanye damai pemilu tahun 2024 serta rangkaian kegiatan lainnya dalam rangka mewujudkan Pemilu yang jujur, adil dan berintegritas tahun 2024. 


"Ini merupakan ikhtiar kita semua, Bawaslu menjaga kualitas demokrasi melalui pemilu dapat berjalan dengan langsung, umum, jujur dan adil sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang," ungkapnya. 


Tujuan dari kegiatan ini, sebagai simbol Bawaslu Dompu menuju satu tahun pemungutan suara Pemilu 2024. Penguatan dan sinergitas dari aspek pencegahan, pengawasan, hubungan antar lembaga, partisipasi masyarakat dan hubungan masyarakat kepada stakeholder. 


Mengajak seluruh komponen masyarakat menciptakan Pemilu yang damai dan berintegritas melalui Siaga Pengawasan Pemilu serentak 2024 yang dirangkaikan dengan serangkaian acara yakni deklarasi Pemilu tahun 2024 dan Launching Posko Kawal Hak Pilih. "Selain itu, juga melaunching komunitas pengawasan pemilu melalui Aplikasi Digital yang diberi nama Jarimu Awasi Pemilu," paparnya. 


Bawaslu Ingatkan ASN dan Lainnya Hati-hati Mengenai Jari Tangan?


Lanjut Irwan, pada tahapan pemilu, jari merupakan milik Partai Politik (Parpol) dan Pasangan Calon (Paslon). Maka itu, buat para ASN dan lainnya agar hati-hati saat berfoto terutama foto Selfi dengan gaya mengangkat 1 jari, 2 jari dan jempol serta lainnya karena dianggap ikut mengampanyekan Paslon dan lainnya. "Kalau sampai terkena camera pengawas pemilu tentu akan dilaporkan dan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku," jelasnya. 


Pada kesempatan ini, Irwan juga menyampaikan tentang kegiatan-kegiatan bersifat tahapan pemilu maupun non tahapan pemilu yang surah dilaksanakan Bawaslu Dompu. "Ada banyak kegiatan yang kami (Bawaslu) lakukan," terang Irwan, sembari melanjutkan rangkaian acara Launching Posko Kawal Hak Pilih yang dipandu dan dijelaskan secara langsung Devisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa (HPPS) Bawaslu Kabupaten Dompu, Swastari HAZ, SH. 


Disela waktu, Bupati Dompu H Kader Jaelani, melalui sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap semangat dan kinerja jajaran Bawaslu Dompu. "Kegiatan seperti sangat penting demi terwujudnya Pemilu serentak 2024 yang jujur, adil dan berintegritas," ungkapnya. 


Pelaksanaan Pemilu yang akan diselenggarakan tahun 2024, semoga berlangsung aman dan damai. Harapan itu, bisa tercapai apabila ada dukungan serius dari masyarakat. "Tapi saya  apresiasi semangat dan kinerja Bawaslu Dompu yang mampu membuktikan kerja kerasnya terutama dalam mewujudkan aplikasi pengawasan pemilu dan item lainnya demi terwujudnya Pemilu 2024 yang jujur, adil dan berintegritas," jelasnya. 


Lanjut Bupati, tahapan-tahapan Pemilu telah dilaksanakan dengan baik oleh Bawaslu. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, Pemilu serentak 2024 berjalan dengan aman dan damai. "Harapan saya kepada peserta Pemilu agar sportivitas dan santun dalam berkampanye," terangnya. 


Pantauan wartawan Topikbidom.com, berbagai rangkaian acara yakni Launching Aplikasi Digital yang diberi nama Jarimu Awasi Pemilu, dilakukan secara langsung Ketua Bawaslu Dompu didampingi Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Dompu Wahyudin, Devisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa (HPPS) Bawaslu Kabupaten Dompu Swastari HAZ SH, Wakapolres Dompu, Perwakilan Kajari Dompu dan Ketua Muhammadiyah, berhasil dilaksanakan. 


Pada acara ini, pun terlihat Bupati Dompu dan belasan orang lainnya membubuhkan tanda tanda tangan di spanduk yang bertuliskan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2024 dengan beberapa poin pernyataan yakni Kami segenap elemen anak Bangsa. Berikrar Mewujudkan Pemilu yang langsung, umum bebas, rahasia, jujur dan adil. Berkomitmen mendukung Pemilu yang aman tertib, damai, berintegritas, tanpa Hoax, ujaran kebencian, politisasi SARA dan politik uang. RUL