Poprov XI NTB, Dompu Luar Biasa Raih Peringkat Kedua dengan Jumlah 160 Medali

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Poprov XI NTB, Dompu Luar Biasa Raih Peringkat Kedua dengan Jumlah 160 Medali

Minggu, 26 Februari 2023
Bupati Dompu H Kader Jaelani (dokumentasi prokopim Setda Dompu)


Dompu, Topikbidom.com - Usaha dan kerja keras para atlet luar biasa yang dimiliki Bumi Nggahi Rawi Pahu (Kabupaten Dompu) pada Pekan Olahraga Provinsi (Poprov) XI NTB Tahun 2023 di Mataram, akhirnya membuahkan hasil yang maksimal. Pada pekan olahraga bergengsi ini, Kabupaten Dompu berada di peringkat (urutan kedua) se-NTB dengan jumlah 160 buah medali (43 medali emas, 53 medali perak dan 64 medali perunggu).


Kemenangan luar biasa Kabupaten Dompu, ini berdasarkan data yang dirilis KONI Provinsi NTB (Bagian Pertandingan Porprov NTB Ke-XI Tahun 2023), Minggu (26/2/2023). Dalam rilisan itu menyebut Kabupaten Dompu berada diurutan Ke-2 dibawah Kota Mataram.  Kemudian diikuti oleh Kabupaten Lombok Timur diurutan Ke-3, Kabupaten Lombok Tengah diurutan Ke-4, Kabupaten Sumbawa diurutan Ke-5, Kota Bima diurutan Ke-6, Kabupaten Sumbawa Barat di urutan Ke-7, Kabupaten Bima diurutan Ke-9 dan Kabupaten Lombok Utara diurutan Ke-10.




Lantas apa tanggapan Bupati Dompu?


Bupati Dompu H Kader Jaelani, mengapresiasi dan merasa bangga atas prestasi yang diraih para atlet dari berbagai Cabang Olahraga (Cabor) Kabupaten Dompu, pada Porprov XI NTB tahun 2023. "Alhamdulillah, para atlet kita sangat luar biasa mengharumkan nama Bumi Nggahi Rawi Pahu. Berada pada urutan kedua di Porprov, itu prestasi yang membanggakan bagi kita semua, khususnya masyarakat Dompu," ungkapnya, Minggu (26/2/2023). 


Prestasi luar biasa para atlet, patut disyukuri karena mereka (atlet) dengan seluruh Jiwa raganya berjuang dengan penuh semangat, sehingga mampu meraih kemenangan. "Apa yang diraih dengan  ini tidak membuat kita lalai dari bersyukur atas nikmat yang dianugerahi oleh Allah SWT dan unggul di urutan kedua pada laga yang barusan usai menjadi sebuah nikmat yang harus disyukuri bersama," katanya. 


Pada kesempatan ini, Bupati menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasihnya kepada seluruh jajaran atlet Dompu, dari berbagai Cabor atas prestasi luar biasa, sehingga mampu mengharumkan nama baik Kabupaten Dompu. Ia juga, menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah turut mendukung kelancaran pelaksanaan Porprov XI NTB, sehingga mampu mengantarkan Kabupaten Dompu pada urutan kedua. 



“Kepada semua pihak, Pimpinan dan Anggota DPRD, Anggota Forkompinda, Pimpinan OPD, Pengurus KONI, Pengurus Cabor, Pelatih, Official, Pengurus Organisasi Kemasyarakatan dan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu namanya, saya sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya. Ini prestasi yang luar biasa dan tentunya membuat kita semua di Kabupaten Dompu merasa bahagia dan bangga," ucapnya. 


Tidak hanya itu, pada kesempatan ini juga Bupati menyampaikan rasa terimakasihnya juga kepada seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Dompu, atas doa dan dukungannya untuk para atlet yang mengikuti Poprov XI NTB. "Kemenangan para atlet kita juga tidak terlepas dari doa dan dukungan seluruh masyarakat Dompu," terangnya. 



Sambut Kepulangan Kontingen (Para Atlet) Dompu dari Mataram, Ini Instruksi Bupati Dompu?



Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra SKM M.MKes, mengatakan kehadiran para atlet dari laga Porprov NTB Ke-XI Pemda akan menyambutnya secara resmi. “Para atlet dari laga Porprov XI NTB, Pemda Dompu akan menyambut dengan resmi pagi hari Senin 27 Februari 2023," ungkapnya. 


Kata Sekda, sesuai dengan arahan dan instruksi Bupati Dompu, bahwa dalam rangka penyambutan Kontingen Dompu dalam Porprov XI NTB Tahun 2023, akan dilakukan dengan cara konvoi kendaraan dan Bus semua atlet Dompu, dimulai dari Desa Banggo (ujung turunan teka Nanga tumpu) pada Senin 27 Februari 2023, mulai jam 07.00 WITA (pagi hari). 


Atas rencana ini, Bupati memberikan instruksi kepada Pimpinan OPD dan lainnya yang berbunyi antara lain kepada seluruh Pimpinan OPD untuk memfasilitasi semua atlet asuhannya yang telah kembali ke Dompu, untuk menuju titik kumpul di Desa Banggo dan Konvoi bersama kontingen yang datang dari Mataram dan Kepada Pimpinan OPD untuk mengerahkan semua kendaraan dinasnya dalam konvoi kontingen, khususnya OPD yang memiliki double cabin harap dipinjamkan untuk mengangkut atlet yang memperoleh medali emas. 


"Semua kendaraan penjemput sudah siap di lokasi titik kumpul (depan pabrik jagung Banggo) pada jam 07.00 WITA, beserta atlet asuhannya yang telah berada di dompu dengan pakaian jaket kontingen dan membawa papan nama cabor dan data perolehan medali," jelasnya mengutip instruksi dari Bupati Dompu. 


Lanjut Sekda, susunan konvoi kontingen Dompu Porprov XI NTB (rombongan dari Mataram diperkirakan tiba di lokasi titik kumpul jam 07.30 WITA dan mulai star jam 08.00) yakni foreders polres, mobil Patwal Sat Pol PP, Mobil Bupati, Mobil Wabub, Mobil doubel cabin 1 atlet, double cabin 2 atlet, double cabin 3 atlet, double cabin 4 atlet, mobil dinas bapak asuh cabor sebanyak jumlah cabor, Bis Kontingen 1-8 dan mobil dinas lainnya. 


"Mengenai Rute konvoi yakni Desa Banggo-Anamina,Soriuru-Tekasire-Madaprama-Bara-Matua-Bakajaya-Monta Baru-Kandai Dua dan seterusnya sampai finis di Pendopo," paparnya. 


Tambah Sekda, Kepada Camat Manggelewa, Woja dan Dompu, Kades Banggo, Anamina, Soriutu, Tekasire serta para Kepala SD, SMP, SMA serta lainnya yang dilalui rute konvoi untuk memobilisasi warga  untuk menyambut kontingen di pinggir jalan (sepanjang jalan). Begitu juga dengan para siswa agar menyambut kontingen dengan lambaian bendera merah putih kecil saat dilalui rombongan konvoi. 


"Setelah konvoi acara dilanjutkan dengan makan pagi bersama dan seremonial penyambutan resmi Kontingen porprov," tandasnya. RUL/$