Bupati Dompu Hadiri Diskusi Publik Terkait Penyelamatan Hutan

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Bupati Dompu Hadiri Diskusi Publik Terkait Penyelamatan Hutan

Jumat, 03 Februari 2023

 

debat publik terkait penyelamatan dan pelestarian hutan


 

Dompu, Topikbidom.com - Bupati Dompu, H Kader Jaelani menghadiri kegiatan debat publik terkait penyelamatan dan pelestarian hutan. Acara ini diselenggarakan Kamis (02/02/23) sekira pukul 09.00 Wita di Hotel Tursina oleh Lembaga Studi Penegakan Hukum dan Hak Asasi Manusia (Lesham) NTB bekerjasama dengan Balai KPH Soro Mandi Toffo Pajo.

 

Hadir di kegiatan yang berlangsung Bupati Dompu, H. Kader Jaelani, Ketua DPRD, Andi Bahtiar A.Md.Par, Pejabat yang mewakili Dandim 1614/Dompu dan Kepala BKPH, Faruk HM, SP., M.Si. Hadir sebagai peserta yang terdiri dari elemen masyarakat peduli hutan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan elemen penting lainnya. Di acara yang bertajuk “Keserakahan Manusia Merajalela, Kepada Siapa Hutan Berlindung?” Bupati Dompu, H Kader Jaelani menyampaikan apresiasi kepada Lesham NTB. “Kami apresiasi Lesham NTB yang telah menyelenggarakan acara yang berupaya mendorong atau membangun kesadaran masyarakat untuk peduli dalam melindungi, memelihara, menjaga dan melestarikan hutan,” ucapnya.

 

Bupati juga, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh elemen masyarakat yang juga telah menunjukan semangat yang sama dalam upaya melindungi, memelihara, menjaga dan melestarikan hutan. Menurut Dia, kondisi hutan saat ini membutuhkan kehadiran bersama dari semua elemen masyarakat untuk bersama-sama membangun sinergisitas, kolaborasi dan koordinasi dalam upaya menjaga, melindungi, memelihara dan melestarikan hutan dari kerusakan. “Adanya kebersamaan dari semua elemen masyarakat dalam upaya penyelamatan dan pelestarian hutan memberikan kemungkinan yang besar terjaga dan terlindunginya hutan dari kerusakan,” jelasnya.

 

Bupati, pun mengajak semua pihak untuk terus berupaya menjaga dan melindungi hutan dari kerusakan. Mengingat hutan punya fungsi yang besar bagi kehidupan penting bagi semua elemen untuk dapat terlibat bersama dalam melindungi dan menjaga hutan dari kerusakan. “Kami mengajak semua pihak untuk sama-sama mengambil bagian dalam upaya perlindungan dan pemeliharaan hutan,” ajaknya.

 

Disela waktu, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar A.Md Par, juga menyampaikan dalam upaya penyelamatan, perlindungan dan pelestarian hutan perlu adanya keterlibatan semua pihak. Keterlibatan bersama tersebut mutlak diperlukan, baik di tingkat Kabupaten maupun di tingkat Provinsi. “Keterlibatan bersama dalam upaya penyelamatan hutan harus terus diperkuat melalui kolaborasi, komunikasi dan koordinasi yang baik, masif dan berkesinambungan antara semua pihak terkait,” tandasnya. RUL/$