Bupati Dompu Tinjau Lokasi Rawan Banjir

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Bupati Dompu Tinjau Lokasi Rawan Banjir

Jumat, 03 Februari 2023

 

Bupati Dompu H Kader Jaelani


 

Dompu, Topikbidom.com – Bupati Dompu, Kamis (2/2/2023) melakukan peninjauan sejumlah lokasi rawan banjir yakni Kecamatan Dompu dan Woja Kabupaten Dompu. Peninjauan ini dilakukan untuk melihat secara langsung kondisi kerusakan akibat dampak banjir.

 

Pada kesempatan ini, Bupati Dompu didampingi Kadis PUPR dan jajaran OPD BPBD. “Hari ini kami melakukan peninjauan lokasi dampak banjir,” ujar Bupati Dompu H kader Jaelani.

 

Kepala Dinas PUPR Dompu, Aris Ansyari ST MT, juga mengatakan peninjauan diawali dari Desa Wawonduru (Dusun Wawondouru dan Bolonduru), Kelurahan Simpasai dan Kelurahan Potu. Hal ini, dilakukan untuk melihat dari dekat berbagai jenis kerusakan akibat bencana banjir. “Lokasi yang menjadi sasaran peninjauan adalah yang setiap tahunnya menjadi areal rawan banjir,” ujarnya.

 

Ia menjelaskan mengenai hasil dari kegiatan peninjauan ini menyimpulkan  bahwa di beberapa titik sungai sudah harus dinormalisasi kembali melalui pelebaran sungai, pembuatan tanggul dan pembuatan tebing dengan bronjong agar tidak longsor lagi. Namun, kerusakan yang terjadi belum bisa langsung dilakukan perbaikan karena cuaca yang masih tidak mendukung. “Insya Allah perbaikan akan dilakukan pertengahan tahun 2023 ini sambil menunggu anggaran,” jelasnya.

 

Meski demikian, perbaikan yang dilakukan nanti akan disesuaikan dengan kemampuan dan ketersediaan anggaran. “Sesuai dengan anggaran yang tersedia di APBD Tahun Anggaran 2023 perbaikan yang akan dilakukan adalah pembuatan tanggul penahan banjir di beberapa titik yang ada di Kelurahan Simpasai dan Kelurahan Potu,” tandasnya. RUL/$