Thovu Ngaku Bingung dengan Proyek Pembangunan Saluran Irigasi Sori NAa di Pekat?

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Thovu Ngaku Bingung dengan Proyek Pembangunan Saluran Irigasi Sori NAa di Pekat?

Kamis, 08 September 2022
Taufan Fathier alias Thovu, saat berada di lokasi pembangunan DI Sori NA'a, Kecamatan Pekat (dok: Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Sejumlah  proyek pembangunan di Kabupaten Dompu, terus menuai sorotan dari kalangan pemuda di Kabupaten Dompu. Salah satunya, pekerjaan pembangunan Saluran Irigasi (Rehabilitasi DI) Sori NA'a di Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu yang bersumber dari dana APBD Tahun 2022 sebesar kurang lebih Rp.2 Miliar.


"Kami selaku pemuda di Dompu sangat bingung melihat kondisi pembangunan proyek DI Sori NA'a di Kecamatan Pekat yang dikerjakan CV. Qaramah yang beralamat di Kelurahan Dorotangga, Kecamatan Dompu tahun 2022," ungkap Taufan Fathier alias Thovu, Jumat (9/9/2022). 







Ia mengungkap, berdasarkan hasil investigasi pihaknya, selain lokasi pembangunannya di atas bukit dan jauh dari pemukiman warga. Juga, kondisi fisik pekerjaannya sangat memperihatinkan. 


"Meski DI Sori NA'a ini masih dalam tahap pekerjaan, tapi  kondisi fisik pekerjaan yang kami temukan terkesan tidak berkualitas. Yang lebih membuat bingung, kenapa pembangunan itu dilakukan jauh dari pemukiman warga, sehingga memunculkan pemikiran kami itu proyek untuk kepentingan siapa," heranya. 


Tidak hanya itu lanjut Thovu, kondisi tanah di lokasi itu sangat mudah mengalami penurunan, sehingga dikhawatirkan pembangunan (rehabilitasi DI) Sori NA'a itu, bakal roboh. "Berdasarkan hasil pengecekan kami di lapangan, kalau musim hujan datang ditakutkan pembangunan itu akan roboh mengingat kondisi tanah sangat rawan mengalami penurunan," terangnya. 


Tambah Thovu, mestinya pemerintah terkait lebih dulu memikirkan dan melihat bagaimana kondisi tanah di lokasi itu, apakah layak untuk digunakan sebagai tempat pembangunan DI Sori NA'a. "Mestinya pembangunan itu dilakukan di lokasi berdekatan dengan pemukiman warga," katanya. 


Sementara itu, sampai berita ini diunggah, pihak kontraktor perusahaan CV. Qaramah belum berhasil dikonfirmasi, karena saat wartawan ini berada di lokasi pembangunan DI Sori NA'a, mereka (pihak perusahaan) sedang tidak berada di lokasi setempat. Meski demikian, wartawan media ini akan terus berupaya untuk mengkonfirmasi pihak perusahaan (CV.Qaramah). "Bos kami sedang tidak ada di lokasi ini," ungkap para buruh yang mengerjakan pembangunan DI Sori NA'a. RUL