Rencana Pembangunan Pelabuhan Nusantara, Wabup Kunjungi Kementerian Perhubungan RI

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Rencana Pembangunan Pelabuhan Nusantara, Wabup Kunjungi Kementerian Perhubungan RI

Kamis, 20 Januari 2022
Ilustrasi Pelabuhan (sumber Google)


Dompu, Topikbidom.com - Wakil Bupati (Wabup) Dompu didampingi pejabat Pemda Dompu, belum lama ini menyambangi Kementerian Perhubungan RI. Hal ini, dilakukan dalam rangka melakukan koordinasi mengenai lanjutan proses rencana pembangunan Pelabuhan Nusantara di Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu. 


"Mengenai lanjutan rencana pelabuhan Nusantara, kemarin saya mendatangi langsung Kementerian Perhubungan RI," ujar Wabup Dompu, H Syahrul Parsan ST MT, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di halaman kantor Pemda Dompu, Kamis (20/1/2022). 


Kata Wabup, kehadirannya disambut Kasubdit Tata Kepelabuhan Laut Kementerian Perhubungan RI, Aris Wibowo di ruangan rapat terbatas Direktur Pelabuhan Laut Kementerian Perhubungan. "Kami membahas tentang rencana pelabuhan Nusantara," jelasnya. 


Bagaimana progres rencana pembangunan pelabuhan Nusantara?


Wabup menjelaskan, kelengkapan data-data sudah diserahkan kepada Kementerian Perhubungan RI. "Alhamdulillah, respon pihak Kementerian sangat baik dan mereka menyatakan tahun 2023 pelabuhan Nusantara siap dibangun," terangnya. 


Apa kendala sehingga pembangunan pelabuhan Nusantara tidak dibangun tahun 2022?


Wabup juga menjelaskan, kendalanya dari segi Analisis dokumen Dampak Lingkungan (Amdal) yang menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi NTB. "Kalau memang provinsi tidak bisa menyelesaikan Amdal, kami Pemda Dompu yang akan menyelesaikan itu," katanya. 


Tambah Wabup, kalau tidak direspon secara positif rencana pembangunan pelabuhan Nusantara, ini dikhawatirkan dianggap main-main oleh pemerintah pusat. "Maka itu, mengenai Amdal harus segera dituntaskan," katanya lagi. 


Sambung Wabup, Kementerian Perhubungan RI, sudah memberikan kepastian kapan pembangunan Nusantara mulai dilaksanakan. "Intinya, mereka menyatakan 2023 pembangunan sudah bisa dimulai asalkan Amdal itu tuntas," tandasnya. RUL