Tuntut Perbaikan Pipa Air, Warga Desa O'o Tutup Jalan

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Tuntut Perbaikan Pipa Air, Warga Desa O'o Tutup Jalan

Sabtu, 17 Juli 2021

 

Aksi tutup jalan di Desa O'o, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu 

Dompu, Topikbidom.com - Puluhan warga Desa O'o, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, Sabtu (17/7/2021) melakukan aksi blokade (tutup) jalan lintas Dompu - Bima dengan menggunakan batu dan kayu. Aksi ini dilakukan mendesak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dompu, segera memperbaiki Pipa air yang rusak (bocor) di jalur jalan Desa O'o. 



Anggota BPD O'o, Firdaus bersama warga Desa O'o lainnya, saat menunjukkan Pipa Air yang bocor (dok: Topikbidom.com)


Anggota Badan Permusyawatan Desa (BPD) O'o, Firdaus, pada wartawan mengatakan, pipa air yang berada di tengah jalur jalan ini sudah lama Bocor dan airnya menggenangi jalan. Akibatnya, di lokasi sangat rawan terjadi kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh pengendara motor. "Inilah alasan kenapa kami warga Desa O'o melakukan aksi tutup jalan meminta PDAM segera memperbaiki pipa air yang bocor ini," ungkap Firdaus. 


Ia juga mengungkap, beberapa bulan lalu di lokasi ini terjadi kecelakaan lalu lintas. Pengendara motor tiba tiba terjatuh akibat jalur jalan licin karena digenangi air yang keluar dari pipa air bocor tersebut. "Agar kecelakaan lalu lintas tidak terjadi lagi. Maka pipa ini harus segera diperbaiki," beber Firdaus. 


Diakuinya, masalah ini sudah lama dilaporkan kepada PDAM Dompu. Namun sayangnya, sampai saat ini mereka (PDAM) belum juga datang untuk memperbaiki pipa tersebut. "Pipa ini kapan mau diperbaiki. Jangan sampai kejadian kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di lokasi ini,"  kata Firdaus. 


Tambah Firdaus, apabila PDAM setempat belum juga datang untuk memperbaiki pipa ini, pihaknya (warga Desa O'o) akan kembali melakukan aksi tutup jalan. "Intinya harapan kami, PDAM harus segera perbaiki pipa ini," terangnya. 


Kemacetan lalu lintas akibat jalan yang ditutup oleh warga Desa O'o


Pantauan wartawan Topikbidom.com, aksi tutup jalan  sempat mengakibatkan aktivitas penggunaan jalan lumpuh total. Namun, aksi ini mampu diredam setelah Bhabinkamtibmas Desa Kramabura, Bripka Junaidin tiba di lokasi kejadian dan memberikan penjelasan kepada warga, bahwa dirinya akan segera berkoordinasi dengan PDAM Dompu, untuk menyampaikan tuntutan warga. 


Warga Desa O'o, saat membuka kembali jalan yang sebelumnya ditutup


Usai mendengar penjelasan dari Bhabinkamtibmas Desa Kramabura, warga pun akhirnya membuka kembali jalan yang ditutup dan aktivitas lalu lintas pun kembali berjalan lancar. RUL