Pangdam IX/Udayana Kunker di Dompu

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Pangdam IX/Udayana Kunker di Dompu

Senin, 26 April 2021

  

Pangdam IX/Udaya Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, saat menyampaikan sambutannya (dok: Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Pangdam IX/Udaya Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, Senin (26/4/2021) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di wilayah Kabupaten Dompu. Kunker ini, dalam rangka selain bersilaturahmi dengan jajaran di Kodim 1614/Dompu dan Pemda Dompu, juga untuk melakukan berbagai kegiatan lainnya. 


Kehadiran Pangdam IX/Udayana ini, selain didampingi jajaranya di IX/Pangdam. Juga didampingi Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramadhani S, Sos. SH. M Han bersama jajaran di Korem 162/WB.  Saat tiba di wilayah Dompu, langsung memasuki Makodim 1614/Dompu untuk memberikan pengarahan kepada jajaran Kodim 1614/Dompu. 







Kehadiran Pangdam IX/Udayana dan Danrem 162/WB ini pun, disambut  Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S. Kom. Han bersama Bupati Dompu Kader Jaelani, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar Jufri A.Md, Par, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH, S.IK, Kepala Pengadilan Negeri Dompu Mukhlassuddin SH MH, Kajari Dompu  Mei Abeto Harahap SH, MH dan undangan lainnya. 


Pangdam IX/Udaya Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc


Pangdam IX/Udaya Mayjen TNI Maruli Simanjuntak M.Sc, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada jajarannya di Kodim 1614/Dompu) dan Bupati Dompu serta Forkopimda Dompu. "Sambutan ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami di Kodam IX/Udayana," ucapnya. 


Pangdam menyebut, Covid-19 masih melanda negeri ini dan virus ini tidak boleh dianggap remeh.  Maka itu, perlu ditingkatkan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19. "Ini yang perlu menjadi perhatian bersama," ungkapnya. 


Lanjut Pangdam, pihak TNI bersama Polri akan selalu siap dalam membantu pemerintah untuk terus meningkatkan peran mencegah dan mengatasi penyebaran Covid-19. "TNI dan Polri akan terus membantu dalam memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan dan mengsosialisasikan pentingnya program Vaksinasi," katanya. 




Menurut Pangdam, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum sadar akan bahaya Covid-19. Terutama mengenai penerapan protokol kesehatan. Maka itu, masyarakat harus tetap diberikan pemahaman dan masukan. "Pendekatan kepada masyarakat juga harus tetap kita tingkatkan," tuturnya. 


Tambah Pangdam, kolaborasi dan kerjasama antara pemerintah, TNI dan Polri harus terus ditingkatkan demi menunjang kemajuan daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat. "Intinya, TNI akan selalu siap mendukung dan bekerjasama demi mengsukseskan semua program yang dicanangkan pemerintah," jelasnya. 


Pangdam kembali menyebut, sampai saat ini TNI terus bekerja keras dalam mengsukseskan program ketahanan pangan. Terutama, dalam hal membantu untuk membangun berbagai sarana pendukung yang dibutuhkan dalam program (ketahanan pangan) itu. "Bukti keseriusan TNI dalam program ketahanan pangan ini terutama dalam hal membangun fasilitas Toren Pompa Hidram  seperti yang dilakukan oleh kami melalui jajaran Kodim 1614/Dompu di lokasi lahan pertanian di Kabupaten Dompu," paparnya. 


Sambung Pangdam, hal ini dilakukan TNI dalam rangka membantu para petani untuk memenuhi kebutuhan air di lokasi lahan pertanian. "Apa yang kami lakukan ini demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para petani," terangnya. 



Bupati Dompu Kader Jaelani, saat menyampaikan sambutannya


Sementara itu, Bupati Dompu Kader Jaelani, melalui sambutannya juga menyampaikan rasa terimakasihnya atas kunjungan Pangdam IX/Udayana bersama rombongannya dan Danrem 162/WB bersama rombongannya. "Kunjungan ini juga merupakan kebanggaan dan rasa syukur bagi kami pemeritah bersama masyarakat Dompu," ucapnya. 


Bupati penyebut, TNI dan Polri khususnya Kodim 1614/Dompu dan Polres Dompu telah banyak membantu pemerintah dan masyarakat Dompu. "Kami bangga memiliki TNI dan Polri yang selalu perduli terhadap masyarakat," katanya.


Lanjut Bupati, hal itu terbukti seperti yang dilakukan Kodim 1614/Dompu dan Polres Dompu  dalam membantu penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Dompu."Kami pemerintah daerah sangat mengapresiasi kinerja TNI dan Polri dalam membantu memberikan penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan. Bahkan ikut mengsosialisasikan program vaksinasi," terangnya. 


Selain itu Tambah Bupati, TNI dan Polri juga sudah banyak membantu pemerintah dalam memulihkan wilayah dampak bencana alam. "Kami juga apresiasi apa yang dilakukan oleh Kodim 1614/Dompu yang membantu membangun fasilitas air (Toren Pompa Hidram) di beberapa lokasi di Dompu untuk membantu para petani," jelasnya. 


Pada kesempatan ini pun, Bupati juga mengungkapkan keberadaan beberapa perusahaan investasi yang ada di Kabupaten Dompu. Baik itu, PT. SMS yang bergerak pada bidang pengelolaan tanaman tebu, PT. STM (tambang Emas) dan perusahaan lainnya. 


"Kami Pemda Dompu juga saat ini  fokus untuk terus mengsukseskan program Jagung, Porang, Padi dan Ikan serta lainnya yang dikenal dengan sebutan Jara Pasaka. Program ini semata mata demi mewujudkan masyarakat dan daerah yang Mashur," paparnya lagi. 


Pada kesempatan ini juga, Bupati mewakili pemerintah daerah dan masyarakat Dompu  juga menyampaikan belasungkawa atas terjadinya musibah Kapal Manggala-402 di perairan Utara Bali yang menyebabkan jatuh korban 53 orang prajurit terbaik bangsa. Pihaknya juga, mengirimkan doa terbaik semoga 53 orang prajurit putra terbaik bangsa dilapangkan jalannya menuju illahi robbi. 


"Semoga Allah SWT  memberikan ketabahan dan kesabaran kepada segenap keluarga besar tentara Nasional Indonesia khususnya TNI angkatan Laut atas musibah yang terjadi. Semoga TNI terus diberikan kekuatan dan semangat yang kokoh untuk terus menjaga kedaulatan negeri ini," tandasnya. 


Usai di Makodim 1614/Dompu, kemudian Pangdam IX/Udayana bersama semua rombongan menuju Pandopo Bupati Dompu, untuk buka puasa bersama.(Rul)