Penertiban SPPT Dalam Kawasan, Aktivis Dompu Pertanyakan Kinerja Bappenda

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Penertiban SPPT Dalam Kawasan, Aktivis Dompu Pertanyakan Kinerja Bappenda

Sabtu, 03 Februari 2024
Aktivis Dompu, Dediansyah 


Dompu, Topikbidom.com - Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Dompu, diduga menertibkan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) dalam kawasan (Hutan) khususnya di wilayah Kecamatan HU'u, Kabupaten Dompu, NTB. 


Dugaan ini, diungkap Aktivis Dompu, Dediansyah, warga Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu. Pada media ini, Ia mengatakan oknum - oknum pejabat di wilayah Kabupaten Dompu, pun diduga terlibat, bahkan menikmati hasil dengan memiliki atau menguasai kawasan yang mencapai puluhan Hektar, khususnya di lokasi So Laju dan So Siwi, Kecamatan HU'u, Kabupaten Dompu, NTB. 


"Bappenda diduga menerbitkan SPPT dalam kawasan. Bahkan mereka menerbitkan SPPT tanpa lebih melihat obyek dan hanya mengacu pada sporadis termasuk rekomendasi desa dan camat," ungkap Dediansyah, Sabtu (3/2/2024). 


Ini sejumlah lembaran bukti SPPT yang tertera beberapa nama pejabat penting di Dompu 


Tidak hanya itu, oknum oknum Pejabat di Bappenda, juga diduga memiliki puluhan hektare lahan kawasan. "Kami juga punya bukti lembaran SPPT dalam kawasan yang didalamnya tertera nama oknum oknum pejabat," bebernya. 


Kondisi ini kata Dediansyah, tidak boleh dibiarkan, sebab selama ini publik menilai dan menyebut masyarakat yang menguasai kawasan, padahal kenyataannya banyak oknum pejabat yang menguasai kawasan. 


"Dalam waktu dekat kami akan laporkan masalah ini secara Hukum. Bahkan kami juga akan segera koordinasi dan laporkan ke LHK NTB," jelasnya. 


Menurut Dediansyah, mestinya Bappenda tidak segampang itu menerbitkan SPPT, sebelum melihat secara langsung obyek lahan. 


"Tapi kalau mereka menerbitkan SPPT dengan mudah, maka diduga banyak oknum oknum pejabat yang terlibat demi mendapatkan jatah lahan dalam kawasan termasuk di So Laju dan So Siwi, Kecamatan HU'u," terangnya. 


Tambah Dediansyah, pihaknya juga memiliki dan mengantongi data kepemilikan lahan puluhan hektare dengan bermodalkan SPPT yang didalamnya terdapat nama pejabat penting di Bumi Nggahi Rawi Pahu (Dompu). 


"Kami akan segera bongkar datanya termasuk ada nama tertera dalam SPPT petinggi di Dompu bersama keluarganya," ungkapnya lagi. 


Sementara itu, sampai berita ini diunggah pihak Bappenda Dompu, belum berhasil dimintai tanggapannya. Meski demikian, media ini akan berusaha mengkonfirmasi Bappenda setempat. RUL