Bulan K3 Nasional 2024 dan Capaian 6 Juta Jam Kerja Tanpa Kecelakaan Berat, Sumbawa Timur Mining Gelar Upacara Penutupan

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Bulan K3 Nasional 2024 dan Capaian 6 Juta Jam Kerja Tanpa Kecelakaan Berat, Sumbawa Timur Mining Gelar Upacara Penutupan

Rabu, 21 Februari 2024
Upacara Penutupan Bulan K3 Tahun 2024


Dompu, Topikbidom.com - PT Sumbawa Timur Mining (STM) pemilik Kontrak Karya generasi ke-7 Proyek Hu’u di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Rabu (21/2/2024) menggelar kegiatan upacara bersama di area New staging STM Kecamatan HU’u. 


Upacara ini, dilaksanakan dalam rangka penutupan rangkaian kegiatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024. Pada momentum ini, juga dihadiri perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kepala Disnakertrans Dompu Miftahul Su’adah, Kepala Teknik Tambang STM, karyawan dan juga perwakilan seluruh kontraktor yang terlibat di Proyek Hu’u. 


Menariknya, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pengumuman pemenang lomba-lomba yang dilangsungkan selama Bulan K3 dan workshop tentang keselamatan kerja yang disampaikan oleh Disnakertrans Provinsi NTB.


Dimana, sejak 12 Januari hingga 12 Februari 2024, STM melaksanakan rangkaian Bulan K3 Nasional Tahun 2024 di area proyek Hu’u. Kegiatan meliputi perlombaan bertemakan K3 yang melibatkan karyawan dan kontraktor STM, edukasi kepada masyarakat terkait penanganan kebakaran di rumah tangga, dan edukasi kepada siswa sekolah tentang berkendara yang aman serta bahaya penyalahgunaan narkoba. 


"STM juga menyelenggarakan program donor darah bagi karyawan dan kontraktor dan berhasil mengumpulkan 86 kantong darah," ungkap Kepala Teknik Tambang STM Yan Fuadi, pada kegiatan tersebut. 


Ia, juga menyampaikan beberapa penerapan budaya K3 di Proyek Hu’u yang selama ini dilakukan oleh Perusahaan. Program tersebut melingkupi semua lini mulai dari frontliner hingga manajemen melalui pelatihan K3 bagi karyawan lokal dan nasional serta sosialisasi K3 kepada masyarakat area lingkar tambang. 


Salah satu program yang diterapkan, yaitu Stop Work Authorization, sebuah hak yang dimiliki setiap karyawan untuk menghentikan pekerjaan yang terlihat tidak aman dan manajemen memberikan jaminan tidak akan ada konsekuensi dari penghentian tersebut.


“Dengan upaya penerapan budaya K3, diharapkan setiap karyawan yang terlibat dapat terus bekerja dengan aman, pulang dengan selamat dan seluruh kegiatan Proyek Hu’u berjalan dengan lancar sesuai dengan target, sejalan dengan tema tahun ini yaitu Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha,” papar Yan Fuadi. 


STM Capai 6 Juta Jam Kerja Tanpa Kecelakaan Berat?


Upacara Penutupan Bulan K3 ini sekaligus menandai dan merayakan tercapainya 6 juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja berat (6 million hours LTI Free) terhitung sejak tahun 2022. Capaian ini adalah hal yang berharga bagi perusahaan mengingat kegiatan eksplorasi di industri pertambangan merupakan lingkungan kerja yang berisiko tinggi.


"Prioritas utama kami selama masa aktivitas eksplorasi  pertambangan adalah keselamatan. Kami sangat mementingkan kepatuhan terhadap protokol keselamatan yang ketat demi menjamin lingkungan kerja yang aman bagi semua pekerja yang terlibat di Proyek Hu’u. Kami bersatu untuk mempertahankan standar tertinggi, mengurangi risiko kecelakaan kerja dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman,” tandasnya. RUL/Advertorial