Sukseskan Pemilu Serentak 2024, KPU Dompu Gelar Simulasi

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Sukseskan Pemilu Serentak 2024, KPU Dompu Gelar Simulasi

Minggu, 24 Desember 2023
Ketua KPU Kabupaten Dompu


Dompu, Topikbidom.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu, Senin (25/12/2023) menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2024. 


Simulasi yang dilaksanakan di TPS 09 Lingkungan Salama, Kelurahan Bada, Kecamatan Dompu, ini melibatkan pemilih segera riil berjumlah 294 pemilih. 


"Simulasi Tungsura dimaksudkan sebagai sarana sosialisasi secara langsung kepada warga tentang tata cara pemungutan dan penghitungan suara dan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap)," ujar Ketua KPU Kabupaten Dompu, Drs. Arifuddin di lokasi kegiatan. 



Kegiatan Simulasi yang dilaksanakan KPU Kabupaten Dompu 


Ia, juga menjelaskan tujuannya mempersiapkan bimbingan teknis bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), serta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).


"Intinya memberikan pemahaman dan persiapan KPPS dan PPK tentang pemungutan dan penghitungan suara di TPS," paparnya. 


Lanjut Arifuddin, KPU sebagai sarana evaluasi untuk mendapat informasi kelemahan dalam pelaksanaan pungut hitung agar bisa diperbaiki, untuk warga sebagai sarana sosialisasi tatacara pungut hitung. 


Pada momentum ini, Ia juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan Pemilu 2024.  Salah satunya dengan menggunakan hak pilih dengan bijaksana sebagai bentuk tanggung jawab dalam membangun bangsa dan negara.


"Mari ikut berpartisipasi aktif dalam menyukseskan Pemilu serentak 2024. Ayo ke TPS, berikan hak pilih anda pada 14 Februari 2024 mendatang," tandasnya. (ADV)