Cegah Illegal Logging, BKPH Topaso Gencar Laksanakan Patroli

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Cegah Illegal Logging, BKPH Topaso Gencar Laksanakan Patroli

Sabtu, 23 September 2023
BKPH Topaso, saat melakukan patroli 


Dompu, Topikbidom.com - Balai Kesatuan Pengamanan Hutan (BKPH) Tofo, Pajo, Soromandi (Topaso), dibawah kendali kepala BKPH Topaso, Nurwana Putra, SHut, terus semangat dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya guna mencegah kerusakan Hutan.


Hal itu, terbukti Sabtu (23/9/20239 sore hari mereka (BKPH) Topaso kembali melakukan operasi rutin bersama jajarannya. Operasi kali ini, menyasar wilayah RTK 65 yang meliputi desa Lepadi, Ranggo, tembalae dan desa woko Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu.


"Patroli yang dilakukannya bersama tim merupakan kegiatan rutin guna mencegah kerusakan hutan serta pembalakan liar," ujar Nurwana yang merupakan putra asli Kabupaten Dompu.





Diakuinya, sejauh ini pihaknya utin melakukan operasi penertiban serta pengamanan kawasan hutan di wilayah yang menjadi tanggung jawab BKPH TOPASO. "Ini merupakan tugas dan tanggung jawab kami guna melakukan pencegahan terhadap kerusakan hutan," jelasnya. 


Patroli kali ini,  jajaran BKPH menyisir sejumlah titik yang di informasikan dan ditengarai kerap menjadi lokasi penebangan liar. Selain menggunakan sepeda motor, Mereka juga nampak mengikuti gelapnya hutan dengan berjalan kaki.



Namun, Saat operasi berlangsung, Kegiatan penebangan tidak ditemukan. Kemudian tim melakukan sosialisasi kepada sejumlah masyarakat agar tidak melakukan pembalakan liar.


Pada kesempatan ini, Nurwana  menghimbau masyarakat tidak lagi melakukan perambahan hutan serta pembalakan liar agar wilayah kawasan hutan tetap terjaga dan lestari. 


"Saya juga memberikan peringatan keras, jika ditemukan alias tertangkap tangan melakukan pengrusakan hutan, pihaknya mengambil tindakan tegas tanpa tebang pilih," tegasnya. 


Lebih jauh, Nurwana menegaskan pihaknya tidak segan - segan menindak tegas siapapun yang merusak hutan. "Mari kita jaga kelestarian hutan," tandasnya. ($)