Kapolres Dompu Pimpin Lestarikan Negeri dan Penghijauan Sejak Dini

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Kapolres Dompu Pimpin Lestarikan Negeri dan Penghijauan Sejak Dini

Rabu, 23 Agustus 2023
Kapolres Dompu bersama jajarannya, saat melakukan penanaman bibit tanaman (pohon) di wilayah Kabupaten Dompu 


Dompu, Topikbidom.com - Menjaga dan Melestarikan lingkungan tidak hanya menjadi perhatian pemerhati lingkungan, tapi juga menjadi perhatian khusus yang digalakkan Aparat Penegak Hukum (APH). 


Hal itu, terbukti seperti yang dilakukan Polres Dompu, Rabu (23/8/2023). Kegiatan dalam bentuk penanaman 2000 bibit tanaman (pohon) di Kawasan Desa Lanci Jaya, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, ini dipimpin Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain S.I.K, didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Dompu dr. Dian Anggreini Vitasari. 


Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian memperingati Dirgahayu RI yang Ke-78 tahun ini, pun merupakan kegiatan serentak Polri dan disaksikan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit prabowo, M. Si, secara virtual. 


Tidak hanya itu, kegiatan yang berlangsung di Bumi Nggahi Rawi Pahu dengan tema Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan sejak dini, ini pun juga dihadiri Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST., MT, pihak DPRD Dompu,  Danramil 1614-06/Manggelewa Letnan Satu Inf. Syaifuddin, Wakapolres Kompol Abdi Mauluddin S.Sos, Kabag Sumda Polres Dompu, Kompol Burhanuddin dan sejumlah PJU lingkup Polres Dompu.


Tidak hanya itu, hadir juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jufri ST M.Si, Camat Syaiful Arif M.Pd., Kapolsek IPTU Ramli, S.H, beserta Anggota., Kepala BKPH Ampang Riwo Nurwana Putra, S.Hut, beserta Anggotanya dan undangan lainnya.








Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain S.I.K, melalui sambutannya mengatakan kegiatan penanaman pohon secara serentak dan dipimpin Kapolri, dimana kegiatannya dilakukan secara simbolis. 


Ia, menjelaskan kegiatan ini di laksanakan oleh beberapa Kepala Kepolisian di Asean (Ketua AMMTC dan Ketua SOMTC) maupun Kepala Kepolisian Negara besar lainnya yang turut diundang, seperti dari CHINA dan AUSTRALIA di pulau Rinca Kab. Manggarai Barat Provinsi NTT.


"Pelaksanaan penanaman pohon ini juga dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polri mulai dari tingkat Polda, Polres hingga Polsek," paparnya. 


Lanjut Kapolres, Polri menggalakan atau mendorong kembali kegiatan penanaman pohon dalam rangka berkontribusi untuk mencegah perubahan iklim agar lingkungan lebih baik dan lebih hijau. Tidak hanya dilakukan oleh anggota Polri, tapi bersinergi dengan unsur komponen masyarakat lainnya, mulai dari teman-teman TNI, Pemerintah Daerah, Masyarakat kemudian dari seluruh komponen bangsa ikut bersama-sama menanam pohon. 


"Ini merupakan momentum bagi seluruh komponen masyarakat untuk bisa berkontribusi di tengah perubahan iklim global, kondisi perubahan iklim saat ini yang cukup ekstrim, terjadi sejumlah kekeringan bahkan kebakaran hutan dan lahan seperti di MAUI HAWAI yang menewaskan 100 orang," jelasnya. 


Begitu, juga di wilayah indonesia, sudah ada sebagian yang mengalami kekeringan dan kebakaran hutan serta lahan. Maka itu, kepedulian terhadap lingkungan merupakan investasi yang akan diwariskan kepada anak cucu mendatang. 


"Penanaman yang dilakukan oleh kita semua bukan sekedar seremonial dan berlangsung satu hari saja, diharapkan bisa tetap berkelanjutan dihari-hari mendatang," terangnya. 


Sebagaimana diketahui, kegiatan ini diawali Kapolres Dompu dengan melaksanakan zoom bersama Kapolri. Kemudian, dilanjutkan dengan penanaman bibit tanaman (pohon) sebanyak 2000 bibit jenis Mahoni, Jambu mente, Rambutan dan Sawo). RUL