Tingkatkan Pengawasan Orang Asing di Dompu, Imigrasi Kelas III Non TPI Bima Gelar Rakor

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Tingkatkan Pengawasan Orang Asing di Dompu, Imigrasi Kelas III Non TPI Bima Gelar Rakor

Kamis, 11 Mei 2023
Rakor Pengawasan Orang Asing


Dompu, Topikbidom.com - Imigrasi Kelas III Non TPI Bima, Jumat (12/5/2023) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama tim Pengawasan Orang Asing (tim PORA) tingkat Kabupaten Dompu. Kegiatan ini, dilaksanakan selain meningkatkan silaturahmi dan sinergitas, juga untuk meningkatkan peran dalam melakukan pengawasan terhadap orang asing. 


Rakor yang berlangsung di Cafe Laberka, Cabang Swete, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, dihadiri langsung para pihak, khususnya yang tergabung dalam Tim PORA wilayah Kabupaten Dompu.  


"Tujuan kegiatan (Rakor) ini meningkatkan pengawasan orang asing di wilayah Kabupaten Dompu bersama stakeholder baik dari Kepolisian, TNI, Dinas Tenaga Kerja, Bea-cukai dan lain-lain," ungkap Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima, Muhammad Usman, saat diwawancarai media ini di lokasi kegiatan. 


Sejauh mana tingkat pengawasan orang asing yang ada di Kabupaten Dompu?


Kata Dia, setiap bulan pihaknya tetap melakukan operasi Mandiri di wilayah Kabupaten Dompu, tepatnya di lokasi atau tempat perusahaan - perusahaan yang memiliki karyawan orang asing, baik itu PT Sumbawa Timur Mining (STM) dan PT Sukses Mantap Sejahtera (SMS) serta lainnya. 


"Keberadaan orang asing di Dompu ada di wilayah Lakey. Tapi itu orang asing yang melakukan aktivitas pariwisata. Sedangkan orang asing berstatus karyawan itu ada 6 orang di PT STM dan 4 orang di PT SMS. Itulah hasil pendataan oleh kami," jelasnya. 






Lanjut Usman, keberadaan orang-orang asing di Lakey, PT STM dan PT SMS, semuanya memiliki berkas-berkas (dokumen) yang sah untuk melakukan aktivitas di wilayah Kabupaten Dompu. "Keberadaan mereka (orang asing) di Dompu memiliki legalitas yang legal (dokumen-dokumennya lengkap). Bahkan berkas ijinnya dikeluarkan oleh kami selaku Imigrasi Bima," terangnya. 


Apakah kegiatan Rakor Pengawasan Orang Asing di Dompu, akan berlanjut?


Sambung Usman, kegiatannya akan terus berlanjut. Tidak hanya 1 kali dalam setahun, bisa jadi dilaksanakan juga dalam beberapa kali dalam setahun. "Kegiatan seperti ini sangat penting dilaksanakan guna mewujudkan peningkatan pengawasan orang asing," paparnya. 


Apakah Imigrasi Bima tidak berencana membangun kantor cabang Imigrasi di Kabupaten Dompu?


Tambah Usman, itu bisa saja dilakukan, tapi harus berdasarkan jumlah pertumbuhan penduduk. "Tapi kita lihat saja kedepannya," katanya. 










Terlepas dari hal itu, Usman berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat meningkatkan peran stakeholder yang tergabung dalam Tim PORA, dalam melakukan pengawasan dan memberikan informasi. "Ini yang sama - sama kita harapkan," tandasnya. RUL