Peduli Kebersihan, MIO Dompu Bersihkan Sampah di Pantai Wadu Naru

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Peduli Kebersihan, MIO Dompu Bersihkan Sampah di Pantai Wadu Naru

Senin, 01 Mei 2023

 

MIO Indonesia Dompu, saat melakukan bersih-bersih di Pantai Wadu Naru Desa Soro Barat 

Dompu, Topikbidom.com – Kepedulian terhadap kebersihan lingkungan di lokasi atau tempat (fasilitas) umum, tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah. Akan tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama melalui kesadaran akan menjaga kebersihan.

 

Sikap dan kepedulian ini, pun ditunjukan keluarga besar DPD Media Independen Online (MIO) Indonesia Kabupaten Dompu. Tepat pada Minggu (30/4/2023) para kuli tinta (wartawan) ini, melakukan pembersihan Pantai Wadu Naru Desa Soro Barat, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu. Aksi bersih-bersih (memungut, mengumpulkan dan membakar sampah) ini, dilakukan dalam agenda kegiatan rekreasi. Menariknya, pada kegiatan ini, pun para wartawan juga mengajak istri dan anak-anaknya.

 

“Hari ini kami MIO Dompu melakukan kegiatan rapat terbatas yang dirangkaikan dengan kegiatan bersih-bersih sampah dan rekreasi di pantai Wadu Naru Desa Soro Barat,” ungkap Ketua DPD MIO Indonesia Kabupaten Dompu, Sarwon Al Khan.

 



Pada rapat terbatas, pihaknya juga membahas hal-hal yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan kedepannya. Bahkan, bersih-bersih sampah ini pun adalah salah satu kegiatan yang sebelumnya sudah diagendakan. “Kami juga ke depan merencanakan kegiatan penghijauan dan beberapa item kegiatan lain-lain,” jelasnya.

 

Aksi bersih-bersih sampah yang dilakukan siang hari ini, dilakukan dengan cara menyusuri sepanjang bibir pantai dengan memungut dan mengumpulkan sampah-sampah yang sebelumnya dibuang sembarangan oleh para pengunjung pantai setempat. Sampah berbagai jenis ini, kemudian dibakar.

 

“Jenis sampah yang kami pungut, kumpulkan dan bakar yakni sampah plastic, gelas, botol air mineral, gelas minuman, kaleng minuman, kayu, karung bekas dan lainnya yang berserakan di sepanjang pantai,” terangnya.

 

Pada kesempatan ini, juga Sarwon Al Khan juga mengomentari mengenai kesadaran pengunjung tempat wisata yang dinilai masih sangat rendah terhadap sikap kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Hal itu, terbukti bekas makanan dan minuman dibuang sembarangan (tidak pada tempatnya). “Mestinya kita sebagai pengunjung di lokasi wisata harus sadar tidak boleh membuang sembarangan sisa makanan dan minuman. Apa sih susahnya mengumpulkan dan lalu membakar sampah-sampah itu,” katanya.

 

Berangkat dari kondisi ini, Ia mengajak masyarakat Dompu untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan, khususnya tempat-tempat wisata yang ada belahan Bumi Nggahi Rawi Pahu. “Menjaga kelestarian lingkungan di pantai Wadu Naru, kunci kepekaan, kepedulian dan kesadaran kita sebagai pengunjung,” katanya lagi.

 

Menariknya pada kegiatan ini, pun anggota MIO Indonesia menyempatkan waktu berbincang – bincang dengan sejumlah pengunjung dan mengingatkan mereka pentingnya menjaga kelestarian dan kebersihan tempat wisata. “Apa yang kami lakukan ini belum seberapa. Kami berharap kedepannya bisa menjadi pemantik warga dalam membiasakan diri hidup bersih dan cinta terhadap kebersihan lingkungan,” paparnya.

 



Pada momentum ini, pun Sarwon Al Khan juga memberikan masukan dan saran kepada pemerintah agar menyiapkan beberapa unit tempat penampung sampah, khususnya di lokasi pantai Wadu Naru. Menurutnya, bisa jadi pengunjung membuang sampah sembarangan karena tidak ada tempat penampung sampah di lokasi setempat. “Mudah-mudahan warga semakin sadar jika sudah ada tempat penampung sampah di lokasi itu,” harapnya sembari mengakhiri komentarnya.

 

MIO Nyatakan Kawal Secara Kritis Roda Pemerintah dan Pembangunan di Dompu dan NTB?


Sebagaimana diketahui, sebelum melakukan pembersihan sampah di pantai Wadu Naru selama satu jam, Ketua dan Anggota MIO Indonesia Kabupaten Dompu, melakukan rapat dan mendiskusikan beberapa isu, termasuk bagaimana MIO mengawal secara serius, bahkan kritis pelaksanaan roda pemerintah dan pembangunan di NTB, khusunya di Kabupaten Dompu. Menariknya, pada momentum ini juga, keluarga MIO Indonesia Dompu, santap siang bersama dengan lauk ikan laut bakar. Bahkan, kunjungan rekreasi, refreshing diakhir dengan foto bersama di pinggir pantai Wadu Naru. RUL