Bupati: Serangan Virus PMK Bulan Agustus Tahun lalu, Sangat Merugikan Peternak

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Bupati: Serangan Virus PMK Bulan Agustus Tahun lalu, Sangat Merugikan Peternak

Jumat, 17 Februari 2023

 

kegiatan  Kick Off vaksinasi massal PMK dan penandaan ternak tahun 2023 di padang penggembalaan Doro Ncanga, Kecamatan Pekat, Senin (13/2/2023) lalu.

 

Dompu, Topikbidom.com – Bupati Dompu, belum lama ini mengungkap serangan Virus Penyakit Mulut dan Kuku pada ternak pada bulan Agustus tahun lalu, sangat merugikan Peternak di Kabupaten Dompu. Ternak menjadi kurang sehat dan kondisi fisiknya kurus.

 

Apabila tidak tertangani dengan cepat dan tepat, perlahan ternak akan mengalami kematian. “Jika kejadian ini terus berulang tentunya secara langsung akan berdampak pada pendapatan para peternak,” ungkap Bupati Dompu H Kader Jaelani, saat membuka secara resmi kegiatan  Kick Off vaksinasi massal PMK dan penandaan ternak tahun 2023 di padang penggembalaan Doro Ncanga, Kecamatan Pekat, Senin (13/2/2023) lalu.

 

Pada kegiatan yang juga dihadiri Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar, A.Md. Par. Dandim 1614 Letkol Kav. Taufik, S.Sos., Wakapolres Dompu Kompol Abdi Mauluddin, S.Sos , Sekda Dompu Gatot Gunawan PP, S.KM. M.M.Kes., Kadisnekwan Propinsi NTB Khairul Akbar. M.Si,  PLT. Kadisnekawan Dompu Muhamad Abduh, SE. M.Si, Pimpinan OPD, Muspika, Peternak, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, ini Bupati juga mengatakan, bantuan program vaksinasi massal yang bersumber dari pusat dan propinsi sangat membantu peternak yang ada di Kabupaten Dompu.

 

“Bantuan vaksinasi dan penandaan hewan ternak, tentunya akan menjaga keberlangsungan dan populasi serta penertiban hewan ternak di Kabupaten Dompu lebih teratur,” jelasnya.

 

Bupati mengimbau kepada peternak bila melihat hewan ternak badannya kurus, mengeluarkan cairan berlebih pada mulut dan kuku kelihatan berbeda, segera dilaporkan kepada pihak-pihak terkait.  “Laporkan kepada petugas UPT Disnekwan agar bisa vaksinasi ditangani dengan cepat dan tepat,” terangnya.

 

Sebelumnya PLT Kadisnekwan Dompu Muhamad Abduh, SE. M.Si, dalam laporannya mengungkap  jumlah populasi ternak se-Kabupaten Dompu sebanyak 294.877 ekor. Vaskinasi tahun 2022 sebanyak 116.884 dosis 39,4% dari total populasi ternak di Kabupaten Dompu. “Jumlah kasus PMK sebanyak 4.058 ekor dan terlapor sembuh semua,” paparnya.

 

Ia menyebut, tahun 2023 ditargetkan 434.772 dosis meliputi vaksin 1, 2 dan boster. Mencapai target tersebut, para petugas diharapkan mampu melakukan vaskinasi sebanyak 1.373 dosis perhari atau 165 dosis perhari perkecamatan. “Kami mempunyai keyakinan besar dengan semangat kebersamaan seluruh UPTD sekarang ini pelaksanaan vaksinasi bisa mencapai target,” tandasnya. RUL/$