Bupati: Pengusaha Lokal Ikuti Retail Moderen

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Bupati: Pengusaha Lokal Ikuti Retail Moderen

Jumat, 17 Februari 2023

 

Bupati Dompu H Kader Jaelani


Dompu, Topikbidom.com – Bupati Dompu menyarakan kepada pengusaha lokal agar mengikuti tren tata cara penataan tempat usaha seperti Ritel Moderen.  “Kita harus menata kembali tempat usaha yang mengikuti perkembangan jaman. Seperti toko-toko ritail moderen Alfamart dan Indomart,” ungkap Bupati saat menghadiri kegiatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW di Masjid Nurul Ihsan Desa Nanga Tumpu, Minggu (12/2/2023) lalu.

 

Kata Dia, menata usaha menjadi lebih modern merupakan salah satu cara untuk menjawab tantangan Pemerintah Pusat untuk  menciptakan usaha lokal moderen serta menghadang masuknya usaha Ritel di daerah ini. “Saya ingin pengusaha tradisional kita sukses. Mari kita menata kembali tempat usaha kita menjadi lebih baik dan lebih moderen,” ajaknya.

 

Menurut Bupati, Kabupaten Dompu merupakan salah satu daerah yang tengah maju tingkat Prekonomian Masyarakatnya. Pasalnya, daerah yang bermottokan Bumi Nggahi Rawi Pahu ini mampu menghadirkan berbagai program pembangugunan ekonomi rakyat melalui Penanaman Jagung, Porang, Sapi, Padi dan Ikan (Jara pasaka).

 

Melihat tingkat ekonomi dan perputaran uang yang cukup baik tersebut, di Dompu kini tumbuh pengusaha-pengusaha lokal yang mejual berbagai kebutuhan masyarakat. Tidak ketinggalan, Pengusaha Ritel pun berkeinginan untuk membangun usahanya di Dompu.

 

Retail modern yang merupakan usaha rentail yang menekankan pengelolaan usaha tradisional yang bersifat modern terus menujukkan keinginannya untuk membangun usaha di Dompu dengan meminta ijin secara langsung ke Pemerintah Pusat. Namun, keinginan tersebut sepertinya tidak akan terlaksana. Pasalnya Pemerintah lebih mengutamakan pengusaha lokal yang dapat menghidupkan ekonomi rumah tangga warga. “Besarnya keinginan para pengusaha Ritel Moderen untuk membangun usaha di Kabupaten Dompu, membuat pemerintah mencarikan solusi agar pengusaha lokal sukses di tanahnya sendiri tampa ada pengusaha ritel, akan tetapi disatu sisi pemerintah daerah dituntut untuk menciptakan tempat-tempat usaha yang moderen di daerah,” bebernya.

 

Berangkat dari kondisi ini, Bupati menyarakan kepada masyarakat para pengusaha lokal dengan berbelanja di kios dan toko yang ada disekitar wilayahnya masing-masing. “Kalau mau belanja, tidak usah jauh-jauh ke Bolly. Cukup beli saja di kios atau toko yang ada di sekitar kita,” tandasnya. RUL/$