Bupati Resmikan Jembatan AKJ

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Bupati Resmikan Jembatan AKJ

Kamis, 02 Februari 2023

 

Peresmian Jembatan AKJ (Foto Prokompim)


Dompu, Topikbidom.com – Setelah melalui proses pembangunan hingga mencapai 100 persen, akhirnya Jembatan  AKJ penghubung wilayah Kelurahan Kandai Satu dan Karijawa yang terletak di wilayah Kelurahan Karijawa, Kecamatan Dompu, diresmikan, Kamis (2/22023). Proyek yang sebelumnya dikerjakan CV. SAMAS melalui APBD Tahun 2022 sebesar Rp8 Miliar lebih ini, diresmikan secara langsung Bupati Dompu H Kader Jaelani.

 

Selain Bupati Dompu, acara peresmian yang berlangsung di lokasi jembatan ini, juga dihadiri Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan ST MT, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar A.Md Par, Sekda Dompu Gatot Gunawan Perantuan Putra SKM M.Mkes, Asisten Satu Setda Dompu H Burhan SH, Kepala Dinas PUPR Dompu Aris Ansyari ST MT dan sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Dompu. Selain itu, juga hadir Kasdim 1614/Dompu Mayor Inf Abdul Haris SH MH, Kapolres Dompu diwakili AKP Jailani dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta Pimpinan OPD, Kabag Lingkup Setda, Camat Dompu, Pejabat Struktural dan Fungsional Pemda Dompu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan elemen penting lainnya.

 

Bupati Dompu H Kader Jaelani 


Bupati Dompu H Kader Jaelani, melalui sambutannya menyampaikan rasa terimakasih dan bangganya kepada semua pihak yang telah bekerja keras, sehingga pembangunan jembatan ini dapat tuntas sesuai dengan apa yang diharapkan. Kata Dia, keberadaan jembatan merupakan faktor penunjang pengembangan suatu wilayah sebagai bagian sistem transportasi.

 

“Keberadaan jembatan tidak hanya mendukung aktivitas di bidang perekonomian, sosial, budaya dan lingkungan, tapi juga merupakan unsur penting dalam pengembangan transportasi kehidupan dan mempercepat mobilisasi masyarakat dari satu tempat ke tempat yang lain,” ujarnya.

 

Lanjut Bupati, terwujudnya pembangunan jembatan ini, manfaatnya tidak hanya dirasakan masyarakat di dua kelurahan (Kandai Satu dan Karijawa), tapi juga masyarakat secara keseluruhan. “Semoga dengan adanya jembatan ini bisa memberikan manfaat yang sangat besar khususnya untuk kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

 

Foto bersama di lokasi jembatan AKJ


Bupati berharap, semoga berbagai pembangunan yang dilakukan pemerintah dapat mewujudkan Kabupaten Dompu yang Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius (MASHUR). “Mari kita bersama-sama untuk bekerja keras demi mewujudkan kemajuan daerah dan masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu (Dompu),” terang Bupati, sembari melangkah di lokasi tengah jembatan didampingi para pihak untuk melakukan pemotongan pita dengan menggunakan gunting sebagai tanda bahwa Jembatan AKJ diresmikan.

 

Kepala Dinas PUPR Dompu Aris Ansyari ST MT


Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Dompu Aris Ansyari ST MT melalui penyampaian laporannya dalam acara peresmian Jembatan AKJ mengatakan, pembangunan jembatan ini bersumber dari APBD sebesar Rp8,6 Miliar. “Profil jembatan ini lebarnya 8 meter, namun lebar aspalnya menjadi 5 meter setelah dikurangi trotoar sehingga panjangnya 30 meter dan panjang jalan pengaspalan ini kurang lebih 150 meter. Alhamdulillah semua proses pembangunan jembatan ini berjalan dengan sukses,” ungkapnya.

 

Lanjut Aris, jembatan ini merupakan penghubung wilayah Kelurahan Kandai Satu dan Karijawa, Kecamatan Dompu. “Keberadaan jembatan sangat membantu mempermudah akses transportasi khususnya kandai satu dan karijawa,” jelasnya.

 

Apa alasan sehingga Jembatan ini diberi nama AKJ?

 

Kata Aris, pada proses pembangunan jembatan ini muncul pemikiran nama ruas Kandai Satu – Karijawa, sehingga sebutan tersebut disingkat menjadi nama AKJ (ruas jalan kandai satu – karijawa). “Inilah alasan kenapa jembatan ini diberi nama AKJ,” terangnya.

 

Lanjut Aris, pembangunan jembatan ini sangat diharapkan masyarakat, khususnya di Kelurahan Kandai Satu dan Karijawa. Selama ini, para warga di dua kelurahan setempat kesulitan melalui jalur jalan yang sering terjadi kemacetan dan lainnya. “Alhamdulillah adanya jembatan ini tentu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan lain-lain,” tandasnya. RUL/$