Ilham Yahyu Bakal Rebut Kursi DPRD Provinsi NTB Tahun 2024

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Ilham Yahyu Bakal Rebut Kursi DPRD Provinsi NTB Tahun 2024

Selasa, 06 Desember 2022


Dompu, Topikbidom.com - Ilham Yahyu S.Pd SH, menyatakan siap maju mencalonkan diri sebagai calon DPRD Provinsi NTB tahun 2024. Ia maju dengan menggunakan kendaraan politik Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). "Saya optimis maju mencalonkan diri sebagai calon legislatif provinsi NTB (Dapil VI Kabupaten Dompu, Bima dan Kota Bima)  melalui Partai Hanura," ungkap Ilham Yahyu S.Pd SH, pada media Topikbidom.com, Rabu (7/12/2022). 


Ilham yang juga mantan anggota DPRD Dompu, ini adalah putra daerah Kabupaten Dompu yang dikenal cerdas, berani dan integritas ini, siap kembali memperjuangkan kepentingan rakyat dan daerah. "Ini tekad saya kembali berjuang untuk rakyat dan daerah," katanya. 


Apa alasan yang mendasar sehingga memutuskan maju sebagai calon DPRD Provinsi NTB?


Lanjut Ilham, memilih mencalonkan diri sebagai DPRD Provinsi NTB, sudah pernah di DPRD Kabupaten Dompu, pernah ikut calon 3 kali di Kabupaten Dompu (1 sukses dan 2 kali gagal). Selain itu, dikalangan komunitas keluarga (kedonggoan), belum ada informasi yang mau maju (tampil). 


"Saya juga sudah sering kali berkunjung dan melakukan aktivitas di Udayana (Mataram). Artinya, Mataram akan menjadi tempat pengabdian selanjutnya," jelasnya. 


Tambah Ilham, menjadi wakil rakyat tentunya mempertanyakan kebijakan pemerintah provinsi untuk 10 Kabupaten/Kota se-NTB, dalam angka yang dinilai ada ketimpangan. 


Ketimpangan ini, apakah disebabkan oleh political Will (niat baik) pemerintah terhadap persoalan daerah dan masyarakat di Kabupaten Dompu, Bima dan Kota Bima, terhadap kebijakan pembangunan. "Ataukah memang ini lemahnya fungsi yang dijalankan oleh perwakilan daerah di Udayana," bebernya. 


Kalau pun, Ia diberikan dan mendapatkan mandat dan kepercayaan dari seluruh masyarakat, tentunya akan serius dan bekerja keras dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat. "Ada banyak persoalan yang dihadapi oleh masyarakat yang sampai saat ini belum mampu dituntaskan. Inilah yang menjadi titik fokus saya juga," terangnya. 


Meski belum menjadi DPRD Provinsi NTB, dirinya melalui Lembaga Advokasi Masyarakat Sipil Daerah (Lamsida) yang Ia pimpin (Direktur Lamsida) sudah mengajukan proposal pemerintah yang diinisiasi oleh Lamsida. Proposal ini, menyangkut penambahan ruas jalan provinsi di Kabupaten Dompu, mulai dari ruang Cakre menuju Desa Wawonduru, Desa Mbawi Ke Desa Jambu, Cempi, Jala dan Desa Marada (rencananya areal destinasi pariwisata). 


Kemudian, cabang Sipo Desa Bara menuju Desa Mumbu, Desa Riwo, Pesisir pantai Ria dan Tembus Desa Kwangko. "Proposal ini sudah diajukan sejak tahun 2021 awal (2 tahun) dan sekarang menunggu realisasinya. Hal ini, cukup beralasan karena Dompu pada  2013  ada perubahan status jalan dari jalan provinsi ke jalan strategis Nasional yakni ruas Dompu, HU'u, Lakey dan ruas jalan cabang manggelewa, Kempo, Hodo menuju Pekat dan Nangamiro sampai Tambora," paparnya. 


Tambah Ilham, proposal kemarin di ajukan ke 7 titik yakni Gubernur NTB, Ketua DPRD Provisi NTB, Ketua Badan Legislatif DPRD Provinsi NTB, Komisi bidang Infrastruktur jalan dan jembatan, Bappeda dan PUPR. "Proposalnya sudah lama masuk ke pihak-pihak terbaik tersebut," jelasnya lagi. 


Disamping itu, juga pemicu utama ruas provinsi di Kabupaten Dompu, tersisa 21 Kilo Meter yakni dari cabang Kambu menuju Kiwu di Kecamatan Kilo. Namun sayangnya, hal ini tidak mendapat perhatian dari pemerintah provinsi NTB, termasuk jembatan Desa Kramat yang hancur akibat bencana banjir tahun 2011 Lalu. Bahkan, ada banyak jalan yang rusak dan putus disepanjang bibir pantai (20 titik rawan dan ancaman abrasi. 


Padahal, Perda percepatan jalan kolektor daerah Kabupaten Kota yang anggarannya Rp 750  Miliar tahun 2020 lalu, terbagi Rp 250 miliar  untuk pulau Lombok, Rp 500 miliar untuk pulau sumbawa. Anehnya, keberadaan anggaran itu tidak ada sepeserpun untuk Kabupaten Dompu. "Inilah alasan yang mendasar saya mengajukan proposal itu," ungkapnya lagi. 


Terlepas dari hal itu, Ilham Yahyu berharap kedepannya ada dukungan penuh dari masyarakat Kabupaten Dompu, Bima dan Kota Bima, untuk mendukung dirinya sebagai calon DPRD Provinsi NTB tahun 2024. "Ini harapan besar saya kepada seluruh masyarakat dan lain-lain," tandasnya. RUL