Yatim Singa Parlemen Minta Penggunaan APBD 2023 Benar-benar Pro Rakyat

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Yatim Singa Parlemen Minta Penggunaan APBD 2023 Benar-benar Pro Rakyat

Rabu, 30 November 2022

 

Anggota Komisi II DPRD Dompu, Yatim (Fraksi Partai Demokrat)

Dompu, Topikbidom.com - Anggota Komisi II DPRD Dompu, Yatim (Fraksi Partai Demokrat) yang dikenal dengan sebutan Singa Parlemen, tidak pernah bosan dalam memberikan kritikan pedas terhadap pemerintah dan lainnya. Kritikan yang diungkap wakil rakyat ini, selain karena tugasnya untuk melakukan pengawasan serta lainnya, tapi juga sikap untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat Kabupaten Dompu. 


Tepat pada Rabu (30/11/2022) di sela-sela jalannya Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Laporan Badan Anggaran (Banggar) DPRD terhadap hasil pembahasan Rancangan APBD, Jawaban Pemerintah terhadap Laporan Banggar, Penyampaian Akhir Fraksi-Fraksi DPRD dan Penandatanganan Berita Acara Persetujuan Bersama Raperda APBD Tahun Anggaran 2023 yang dipimpin Ketua DPRD Dompu didampingi jajarannya dan dihadiri Wakil Bupati Dompu beserta jajaran Pemda Dompu dan Forkompinda Dompu yang di ruang rapat (sidang) kantor DPRD Dompu,

Singa Parlemen (Yatim) kembali mengarahkan semangat kritikannya terhadap penggunaan APBD tahun 2023. 


Kritikan ini, pun Ia (Yatim) awali dengan tiba-tiba bangun dari kursi yang ia duduki sambil mengangkat tangan kanannya sembari menyatakan Intrupsi Pimpinan (kata yatim,Red). 


Pada momentum ini, Ia meminta kepada pemerintah dan lainnya agar benar-benar memanfaatkan (menggunakan) APBD 2023 yang benar-benar pro terhadap rakyat (masyarakat) Dompu. Khususnya, masyarakat yang sampai saat ini benar-benar membutuhkan perhatian serius dari pemerintah dan lainnya. 


"Saya minta APBD 2023 benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat (pro terhadap rakyat)," ungkap Yatim dengan dana suara yang keras dan tegas di sela-sela jalannya persidangan (rapat paripurna). 


Ia mengungkap, sampai saat ini ada banyak keluhan dan keinginan serta harapan masyarakat Kabupaten Dompu, yang belum mampu direalisasikan oleh pemerintah dan lainnya. "Ada banyak keinginan dan harapan masyarakat yang belum mampu kita wujudkan," bebernya. 


Berangkat dari kondisi ini, Yatim sangat mengharapkan peran serius jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam menjalankan tugas dan fungsinya terutama yang menyentuh secara langsung dengan kepentingan masyarakat. 


"Semua OPD tentu memiliki fungsi dan tugas masing-masing. Lantas, bagaimana amanah itu benar-benar dijalankan dengan baik, sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat baik itu di bidang pembangunan dan lainnya mampu diwujudkan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada," jelasnya. 


Lanjut Yatim, APBD 2023 harus benar-benar fokus untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan Masyarakat Dompu. "Misalnya di bidang pembangunan, harus memikirkan pembangunan apa yang benar-benar diharapkan dan dibutuhkan oleh masyarakat," terangnya. 


Pada momentum ini, Ia kembali mengingatkan para OPD agar benar-benar fokus pada program kerja (kegiatan) yang menyentuh secara langsung dengan kepentingan masyarakat secara nyata. "Saya sebagai wakil rakyat akan terus mengawal kinerja OPD dalam menjalan tugas dan tanggung jawab," tegasnya. 


Kritikan dan saran yang diungkap Yatim ini, pun diapresiasi dan diterima baik Ketua DPRD dan Wakil Bupati Dompu serta semua undangan yang hadir sehingga suasana Rapat Paripurna diwarnai bunyi tepuk tangan, sebagai ungkapan apresiasi terhadap apa yang disampaikan oleh Yatim (singa parlemen). Masih di lokasi persidangan (rapat paripurna), akhirnya Pemerintah dan DPRD menyepakati bersama Rancangan Raperda APBD Tahun Anggaran 2023. RUL