Penuhi Kebutuhan Utama Masyarakat, Pemkot Bima Gelar Bazar Pangan Murah

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Penuhi Kebutuhan Utama Masyarakat, Pemkot Bima Gelar Bazar Pangan Murah

Kamis, 01 Desember 2022
Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi SE, saat menyerahkan secara simbolis beras kepada masyarakat, sebagai tanda dibukanya kegiatan Bazar Pangan Murah

Kota Bima, Topikbidom.com - Sampai saat ini peran Pemerintah Kota Bima, tidak hanya fokus dalam pembangunan. Tapi, juga selalu bergerak cepat dalam membantu masyarakat. Salah satunya, memenuhi kebutuhan utama masyarakat. 


Pemkot melalui Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima, Kamis (1/12/2022) menggelar Bazar Pangan Murah (Operasi Pasar) di RTP Taman Kodo Kota Bima. Kegiatan ini, dilakuan untuk meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup setiap harinya. 


Kegiatan ini, pun dibuka secara langsung Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi SE didampingi Asisten II, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Lurah. Selain itu, juga dihadiri puluhan masyarakat khususnya para ibu rumah tangga yang tinggal di wilayah setempat. 


"Kegiatan seperti ini sangat membantu masyarakat. Saya menyampaikan apresiasi kepada pihak Bulog fan lainnya yang telah menginisiasi dan ikut berpartisipasi dalam upaya stabilisasi harga pangan murah, terutama beras, minyak goreng, telur dan lain-lain," ungkap Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi SE. 


Orang nomor satu di Kota Bima (Wali Kota Bima), berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut, khususnya memasuki bulan Desember 2022 sebagai langkah untuk menekan angka inflasi di Kota Bima yang pada bulan oktober berada pada angka 6,47 persen. "Ini menandakan inflasi kita di Kota Bima cukup tinggi, mengingat Kota Bima ini sangat berpengaruh didalam mengendalikan Inflasi," jelasnya. 


Menurut Wali Kota, kegiatan seperti ini adalah langkah dan ikhtiar bersama mengendalikan inflasi. Sehingga, untuk mendukung semua ini harus ada langkah pro aktif, baik dari koperindag, ketahanan pangan dan lainnya, agar laju inflasi ini dapat ditekan. 


"Saat ini, Pemerintah Kota Bima termasuk sebagai Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah melakukan extra effort dalam mengimplementasikan berbagai program kebijakan pengendalian inflasi di Kota Bima," terangnya. 


Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima, Ichwanul Muslimin, SP MM, juga menyampaikan kegiatan ini (Bazar Pangan Murah)  terwujud berkat kolaborasi dengan Dinas Koperindag Kota Bima, Bulog, dan lainnya. 


Kata Dia, kegiatan ini tidak masuk dalam dokumen anggaran, tapi berkat kolaborasi yang terbangun, sehingga kegiatan ini mampu diwujudkan dan disukseskan. Maka itu, pihaknya menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasinya terhadap Pimpinan Bulog, Toko Tani Indonesia (TTI), Kelompok Wanita Tani (KWT), ID Food, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan retail modern Indomaret.


Menurutnya, ini adalah langkah mengendalikan inflasi dengan melakukan aksi langkah tepat dan langkah nyata.  

Beberapa pilihan pangan yang dipasarkan hari ini yaitu ada beras yang hari ini mengalami peningkatan harga, juga ada beberapa produk pangan yang lain. 


Selain itu, pada momentum ini ada 13 kelurahan yang telah diberikan beras cadangan pemerintah yang peruntukannya bagi masyarakat miskin, lansia dan penderita stunting yang berjumlah 25 kepala keluarga. "Para penerima manfaat ini ada di beberapa kelurahan yang masuk kategori wilayah  rentan pangan," paparnya. 


Tambah Ichwanul, pada kegiatan ini menyediakan paket pangan dengan harga murah berupa beras 5 kg, minyak kelapa 1 liter dan gula pasir 1 kg. Juga disediakan pangan yang non paket. "Mudah-mudahan langkah ini dapat mengendalikan inflasi di Kota Bima," tandasnya. RUL/$