Bawaslu Dompu Sosialisasikan Pengawasan Pemilu Partisipatif

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Bawaslu Dompu Sosialisasikan Pengawasan Pemilu Partisipatif

Kamis, 03 November 2022
sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif pada Pemilu Tahun 2024 (dok: Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dompu, Kamis (3/11/2022) menggelar sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif pada Pemilu Tahun 2024. 


Kegiatan yang berlangsung di Cafe Laberka ini, dipimpin anggota Bawaslu Dompu, Wahyudin S.Pd, mewakili Ketua Bawaslu Dompu, didampingi Kasubag Administrasi Bawaslu Dompu Agus Awaluddin S.Si, Kasubag Pengawasan Bawaslu Dompu Mahesa dan dihadiri Anggota KPUD Dompu, Agus Setiawan SH. Selain itu, juga hadir pihak KNPI Dompu, Komisariat, Aktivis perempuan, Media Masa, LSM, Ketua Disibalitas Dompu, Organisasi Pemuda, Tokoh agama, Masyarakat dan pihak Pramuka Kwartir cabang Dompu serta undangan lainnya.  


Anggota Bawaslu Dompu, Wahyudin S.Pd, melalui sambutannya menyampaikan hari ini adalah sosialisasi pengawasan partisipatif pada pemilu tahun 2024. Diharapkan, kepada semua stakeholder yang diundang selama dua kali kegiatan dengan peserta yang berbeda-beda agar terlibat aktif dalam Pemilu 2024. "Inilah output yang kita sama-sama harapkan," jelasnya. 


Kata Dia, jika kembali pada masa pemilu sebelumnya, Kabupaten Dompu masuk pada tingkat ke 5 mengenai kerawanan pemilu se-Indonesia. "Bahkan di tingkat NTB, Dompu berada pada urutan pertama," ungkapnya. 


Setelah berbagai proses berjalan, tingkat kerawanan itu berbanding terbalik dengan kondisi pada saat Pemilu. Hal itu, terbukti  Kabupaten Dompu, berada pada posisi luar biasa dengan katagori ter-aman  (terbaik) pada saat pelaksanaan Pemilu. "Katagori terbaik yang diraih Dompu ini juga pada tingkat se-Indonesia," terangnya. 


Lanjut Wahyudin, keamanan dan konduktivitas Pemilu, tentu sangat diharapkan pada pemilu 2024 nanti. Artinya, ini membutuhkan peran semua pihak untuk ikut mensosialisasikan kepada masyarakat, sehingga terwujudnya pesta demokrasi (Pemilu 2024) yang aman dan sukses. "Mari kita sukseskan pemilu 2024," ajaknya sembari resmi membuka jalannya kegiatan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif pada Pemilu Tahun 2024. 


Anggota KPUD Dompu, Agus Setiawan SH, saat menyampaikan materinya di hadapan para peserta 


Disela waktu, Anggota KPUD Dompu, Agus Setiawan SH, selain menyampaikan dan menjelaskan materi dalam kegiatan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif pada Pemilu Tahun 2024, juga mengatakan pengawasan pemilu, tidak hanya bisa dilakukan oleh Bawaslu Dompu, akan tetapi perlu juga peran semua pihak termasuk masyarakat. "Perlu juga diketahui menjadi pengawas harus paham dengan regulasi," ungkapnya. 


Kata Dia, KPUD sangat mengharapkan peran semua pihak dalam mengawal dan mengawas jalannya proses tahapan pemilu 2024, khususnya mengenai tugas serta tanggung jawab KPUD. "Meski kami KPUD tetap menjalankan tugas dalam pemilu sesuai regulasi dan aturan, tapi kami tetap membutuhkan pengawasan yang dilakukan oleh para pihak," jelasnya. 


Terlepas dari hal itu, KPUD tetap otomatis dan bekerja keras dalam menjalankan tugas serta tanggungjawab dalam pemilu 2024."Ini yang tentunya juga kami terapkan dalam Pemilu 2024," terangnya. 


Pantauan media Topikbidom.com, usai penyampaian materi dan lainnya, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diajukan peserta dan dijawab oleh para Narasumber (pemateri). Sampai berita ini diunggah, kegiatan sosialisasi masih terus berlangsung. RUL/*