Bawaslu Dompu Suarakan Perlawanan terhadap Politik Uang

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Bawaslu Dompu Suarakan Perlawanan terhadap Politik Uang

Rabu, 28 September 2022
Foto bersama di lokasi kegiatan sosialisasi Bawaslu Dompu

Dompu, Topikbidom.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dompu, terus gencar menyuarakan perlawanan terhadap perilaku Politik Uang. Semangat ini, pun terus dibuktikan Bawaslu dengan cara meningkatkan sosialisasi ditengah masyarakat dan lainnya. 


Hal itu, terbukti Rabu (28/9/2022) di lingkungan Sambitangga, Kelurahan Kandai Satu, Kecamatan Dompu. Kegiatan ini, pun dipimpin Ketua Bawaslu Dompu Drs. Irwan, didampingi Devisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa (HPPS) Bawaslu Dompu Swastari HAZ, SH, Kordif Bawaslu Dompu Wahyudin S.pd. Hadir juga, Camat Dompu Syahudin Abi S.Ip.M.AK, Lurah Kandai Satu Deny Rahmansyah S. STP dan puluhan masyarakat setempat serta lainnya. 




Ketua Bawaslu Dompu Drs. Irwan, menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kandai satu, khususnya  Barisan Pemuda Sambitangga Selatan (BAPSATA) yang selama ini mendukung pelaksanaan yang dilakukan Bawaslu Dompu. "Dengan moto Awasi, Cegah dan  Tindak, kami Bawaslu bersama BAPSATA  bersama sama akan mengawasi politik uang yang menjalar seperti akar  disetiap momen politik," ungkapnya. 


Baca juga:Jelang Tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Dompu Ngobras dengan Wartawan dan Pegiat Media Sosial


Baca juga: Wujudkan Sinergitas Pengawasan Pemilu Serentak 2024, Bawaslu Dompu Gelar Rakor


Irwan mengharapkan, peran aktif masyrakat bersama Bawaslu dalam menangani kasus kepemiluan yang menjadi dasar pelaksanaan Pemilu yang bermoral dan berintegritas. Menurutnya, 

setiap kali pemilu, politik uang nampak sudah menjadi kebiasaan dalam kontestan Pemilu serentak. "Kedepan kami juga berharap agar pihak masyarakat dapat lebih perketat tingkat pengawasannya terhadap oknum yang mengotori pesta demokrasi," ajaknya. 


Baca juga: HUT ke12, Bawaslu Dompu Bagikan Masker, Hand Sanitizer dan Gelar Doa Bersama


Baca juga: HUT ke12, Bawaslu Dompu Bagikan Masker, Hand Sanitizer dan Gelar Doa Bersama


Sementara itu, Camat Dompu Syahudin Abi S.Ip.M.AK, melalui sambutannya dalam kegiatan ini, mengapresiasi dan mendukung langkah Bawaslu Dompu, mengantisipasi politik uang dalam pesta demokrasi. "Kegiatan seperti ini harus terus ditingkatkan khususnya melibatkan seluruh lapisan masyarakat," ujarnya. 


Sebagai perwakilan seluruh masyarakat di Kecamatan Dompu, Ia mengajak seluruh pihak khususnya masyarakat Kelurahan Kandai Satu, agar bisa mengambil peran ikut menyuarakan dan mengantisipasi perilaku (perbuatan) politik uang dalam pesta demokrasi. 


Baca juga: Bawaslu Sebut Kasus Pelanggaran Netralitas pada Pilkada Tahun 2020 Meningkat


Baca juga: Aktivitas Sementara Dihentikan Karena Virus Corona, Bawaslu Perkuat Pengawasan Melalui Media Sosial


Kata Dia, politik uang adalah perbuatan yang mencederai pesta demokrasi dan melanggar ketentuan hukum. "Maka itu, kami juga sangat berharap Bawaslu terus meningkat pengawasan untuk menindak secara tegas para pelaku politik uang," tuturnya sembari menutup penyampaiannya. 


Sebagaimana diketahui, kegiatan Bawaslu terus mendapat respon baik dari semua kalangan, khususnya masyarakat yang sangat peduli terhadap pesta demokrasi (pemilu). Menariknya, lagi pada kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan baju kaos kepada para pemuda Kelurahan Kandai Satu. ($/RUL)