Wujudkan Generasi Cerdas dan Unggul, Wabup: Para orang tua harus tetap Dampingi Anak-anaknya

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Wujudkan Generasi Cerdas dan Unggul, Wabup: Para orang tua harus tetap Dampingi Anak-anaknya

Selasa, 24 Mei 2022

 

Wabup Dompu, saat menyampaikan sambutannya

Dompu, Topikbidom.com - Wakil Bupati (Wabup) Dompu, H Syahrul Parsan ST MT, mengimbau kepada masyarakat, khususnya para orang tua agar tetap mendampingi anak-anaknya agar mampu menjadi generasi yang cerdas dan unggul. Hal ini, tentunya harus dilakukan dengan terus memberikan bimbingan terutama dalam dunia pendidikan. 


"Mari kita terus memberikan edukasi dan bimbingan kepada anak-anak kita agar menjadi generasi yang maju dan mampu menorehkan prestasi dalam dunia pendidikan," ujar Wabup, saat menyampaikan sambutannya pada acara Wisuda dan Melepas Siswa dan Siswi SMP Negeri 01 Dompu Tahun 2022, Selasa (24/5/2022).


Acara yang berlangsung di gedung Samakai, Kecamatan Dompu dan dihadiri Kepala Dinas Dikpora Dompu Drs. H. A. Rifaid, Kaban Ketahanan Pangan Ir. Ruslan M.Si, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Dewan Guru, para siswa dan siswi, orang tua serta elemen penting lainnya ini, Wabup juga mengatakan usia SMP menjadi usia yang sangat labil yang dilewati anak. 


Menurutnya, dalam usia ini akan banyak tantangan dihadapi anak dan hal yang paling penting untuk mendapatkan perhatian dari orang tua adalah masalah emosionalnya yang masih labil serta dalam kondisi tersebut mereka mudah kena pengaruh hal-hal yang negatif.


“Sebagai anak yang masih labil dalam perkembangan sosial dan psikologisnya, akan banyak hal yang dihadapi anak-anak dan diusia ini perhatian yang lebih dari para orang tua dibutuhkan guna mendewasakan kondisi emosional anak," katanya.


Lanjut Wabup, dengan dukungan dan arahan yang baik dari orang tua, lingkungan dan para guru dimana anak berinteraksi akan memberikan dampak yang baik bagi perkembangan anak setidaknya dalam perkembangannya mereka dapat menjadi inspirasi kebaikan bagi lingkungan sosialnya.


“Hari ini kita bisa menyaksikan bagaimana penampilan yang disuguhkan oleh para siswa dan siswi SMPN 1 di acara wisuda dan pelepasan siswa hari ini, anak-anak terlihat hebat dan cerdas, mereka dapat memperagakan kebolehan yang dipunyai dengan baik, apa yang kita saksikan ini tentu saja sangat membahagiakan bagi kita semua," jelasnya.


Wabup berharap, kepada semua kepada anak-anak yang saat ini diwisuda, kedepannya mereka dapat menjadi generasi emas bagi bangsa dan daerah ini, dalam tahap dan proses pendidikan selanjutnya mereka dapat mengembangkan kemampuan, bakat dan minatnya dengan baik. "Kemudian mampu menjadi generasi harapan yang mampu berkontribusi bagi pembangunan bangsa dan daerah kedepan," terangnya sembari menutup penyampaian sambutannya. 


Menariknya, pada kesempatan ini Wakil Bupati Dompu didampingi Kadis Dikpora dan Kaban Ketahanan Pangan, terlihat mencoba mengoperasikan mobil listrik rakitan hasil karya luar biasa para siswa SMPN 1 Dompu. Wabup, juga mengungkapkan rasa kekagumannya kepada para siswa dan siswi SMPN 1 yang mampu berinovasi merakit mobil elektronik bertenaga surya. (*)