Kapolsek Woja dan Danramil 1614-01/Dompu Fasilitasi Perdamaian Konflik Antara Dua Warga

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Kapolsek Woja dan Danramil 1614-01/Dompu Fasilitasi Perdamaian Konflik Antara Dua Warga

Minggu, 08 Mei 2022
Para pihak saat memediasi perdamaian antara dua orang warga yang terlibat perselisihan

Dompu, Topikbidom.com - Peran TNI-Polri dalam mengamankan daerah agar terhindar dari gangguan Kamtibmas, sangat luar biasa. Hal ini, tentunya untuk mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang aman dan tentram. 


Seperti yang dilakukan Danramil 1614-01/Dompu Kapten Kav. M. Kasim, Minggu (8/5/2022). Ia secara langsung mendampingi Kapolsek Woja Kapolsek Woja IPDA Zainal Arifin S.IP, memfasilitasi dan melakukan mediasi perdamaian antara dua orang warga Kelurahan Monta Baru dan Kelurahan Kandai Dua, yang terlibat perselisihan di lokasi acara hiburan malam orgen tunggal yang terjadi Sabtu malam (7/5/2022). 


Perdamaian yang berlangsung di kantor Polsek Woja ini, selain dihadiri dua orang warga yang berdamai, juga dihadiri masing-masing keluarga. Hadir juga Pasi Intel Kodim 1614/Dompu Kapten Inf. Ibrahim, Kasat Intel Polres Dompu AKP Makrus, anggota Komisi II DPRD Dompu Fraksi Partai Demokrat Yatim Gatot, Lurah Montabaru Imansyah SP, Lurah Kandai Dua Jainudin, Perwakilan Camat Woja Rahmansyah, Babinsa Desa Nowa Pelda Ilham, Babinkabtibmas Kelurahan Kandai Dua Bripka Abdul Gafur dan pihak lainnya. 


Kapolsek Woja IPDA Zainal Arifin S.IP, mengatakan hari ini Polsek Woja bersama para pihak terkait memfasilitasi dan memediasi perdamaian antara dua orang warga uang yang terlibat perselisihan. "Alhamdulillah, kedua pihak sepakat berdamai," ujarnya. 


Ia berharap, kejadian seperti ini tidak terulang kembali karena sangat menggangu ketertiban dan kehidupan masyarakat. "Semoga kejadian kemarin tidak kembali terjadi," tuturnya. 


Danramil 1614-01/Dompu Kapten Kav. M. Kasim mengimbau masyarakat agar tetap menjaga nilai-nilai kebersamaan dan tali silaturahmi. "Kalau ada permasalahan yang terjadi hadapi dengan kepala yang dingin dan diselesaikan secara kekeluargaan," ujarnya. 


Kata Dia, Koramil 1614/Dompu akan tetap membantu kepolisian dalam mengamankan wilayah agar terhindar dari gangguan Kamtibmas. "Kami pihak Koramil dan Polsek serta lainya akan tetap mengawasi agar permasalahan ini tidak terulang lagi," jelasnya. 



Kasat intel Polres Dompu Iptu Makrus, pada kesempatan ini menyampaikan pesan dari Kapolres Dompu, jika ada kejadian seperti semalam agar

tidak meluas hingga terjadi konflik antar warga. 


"Kalau bisa acara hiburan malam orgen tunggal ditiadakan karena ditakutkan memicu keributan. Diharapkan kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk bisa mengimbau masyarakat," terangnya. 


Anggota Komisi II DPRD Dompu Fraksi Partai Demokrat Yatim Gatot, mengapresiasi langkah perdamaian antara dua orang warga yang terlibat perselisihan ini. "Mari kita tetap jaga daerah ini agar tetap kondusif dan tidak melakukan pelanggaran hukum," terangnya. 


Ia juga, menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak Kepolisian dan TNI yang bergerak cepat dalam meredam konflik antara warga. "Ini luar biasa dan patut diapresiasi," tuturnya sembari menutup komentarnya. 


Mediasi perdamaian ini, ditandai dengan penandatanganan surat pernyataan damai antara kedua belah pihak dan disaksikan oleh para pihak. RUL