Dikes Dapat DAK Rp.20 Miliar Lebih Tahun 2022

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Dikes Dapat DAK Rp.20 Miliar Lebih Tahun 2022

Selasa, 18 Januari 2022

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman SKM, M.MKes (dok: Topikbidom.com


Dompu, Topikbidom.com - Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu, mendapat Alokasi Dana Khusus (DAK) sebesar Rp. 20 Miliar lebih Tahun 2022. Besaran anggaran, ini untuk membiayai berbagai pembangunan fisik pelayanan kesehatan dan lainnya. 


Kepala Dikes Kabupaten Dompu, Maman SKM, M.MKes, tahun ini ada beberapa pembangunan yang akan dilaksanakan. Mulai dari pembangunan Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL2). Pos Pelayanan Pustu Dusun Kamudi Desa Raba Baka. Penambahan bangunan ruangan pelayanan di 4 Puskesmas, termasuk pengadaan alat telekomunikasi penunjang kelancaran komunikasi (konsultasi) antara dokter di daerah dan diluar daerah. Pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) serta pengadaan obat kesehatan dan lainnya. 


"Semua item ini dibiayai dari DAK Rp 20 Miliar lebih tahun 2022," ungkap Maman, saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Selasa (18/2/2022). 


Maman menjelaskan, fungsi laboratorium Bio Safety BSL2 untuk memeriksa barometer kimia, air dan termasuk PCR sesuai yang disetujui Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 


Mengenai pembangunan tambahan ruangan di beberapa Puskesmas, meliputi ruang pelayanan kesehatan ibu dan anak. Sedangkan alat telekomunikasi (telemedicine) ini berfungsi untuk mempermudah akses komunikasi antara para pihak. Khususnya, dokter di Puskesmas dengan dokter ahli yang ada di daerah dan luar daerah tentang pelayanan kesehatan. "Itulah fungsi dari rencana pembangunan fisik dan lainnya yang dianggarkan melalui DAK," paparnya. 


Maman juga menyebut, berbagai pembangunan fisik layanan kesehatan dan lainnya itu melalui proses tender tahun 2022. "Mengenai pengadaan obat dan lainnya, itu melalui E-katalog," tandasnya. (*)