Soal PT. Sumbawa Timur Mining, Ini Tanggapan Pemerintah

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Soal PT. Sumbawa Timur Mining, Ini Tanggapan Pemerintah

Senin, 20 Desember 2021

 

Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra SKM M.Mkes (dok : Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Keberadaan PT Sumbawa Timur Mining (STM) di wilayah Kabupaten Dompu, tentunya memberikan manfaat bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Hal itu, terbukti peran PT STM membantu dalam bidang pembangunan dan lainnya. 


Hal ini, disampaikan Bupati Dompu, melalui Sekda Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra SKM, M.MKes, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di kantor Pemda Dompu,  Senin (20/12/2021). "Pemerintah tetap mendukung investasi khususnya PT STM," ungkapnya.


Kata Sekda, PT STM masih dalam tahap Eksplorasi. Ia juga menyebut, selama ini perusahaan setempat tetap terbuka dalam memberikan informasi mengenai apapun segala bentuk kegiatan-kegiatannya di Kecamatan Hu'u. "PT STM selama ini tetap terbuka," jelasnya. 


Diakui Sekda, berdasarkan hasil beberapa kali pertemuan dan koordinasi Pemda Dompu dengan PT STM, aktivitas perusahaan setempat tetap berjalan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada. "Perusahaan itu, tetap berkomitmen terhadap apa saja yang menjadi tanggung jawab dan tugas mereka di daerah ini," katanya. 


Menurut Sekda, semua menginginkan pengelolaan sumberdaya alam harus memberikan kemakmuran dan kemajuan ekonomi bagi daerah dan masyarakat. 


"Kita semua sama sama berharap PT STM melaksanakan semua hak dan kewajiban nya dengan baik dan benar. Ini investasi yang besar dan tentu profesionalismenya harus terukur dan akuntabel. Kerjasama semua pihak sangat penting untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat," katanya lagi.


Disinggung apa manfaat dari keberadaan PT STM?


Ia kembali menegaskan, tentu saja dapat meningkatkan taraf perekonomian bagi masyarakat baik di sekitar tambang maupun masyarakat Kabupaten Dompu pada umumnya. "Inilah manfaat dari keberadaan perusahaan investasi," paparnya. 


Lanjut Sekda, kalau pun ada masyarakat atau siapapun yang ingin menanyakan bagaimana dan seperti apa kegiatan yang dilakukan PT STM, tentu perusahaan setempat akan membuka diri untuk menjawab. "Pastinya, perusahaan itu akan siap melakukan dialog untuk merespon apa yang menjadi saran dan masukan," tuturnya. 


Terlepas dari hal itu, Sekda mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung keberadaan PT STM.  "Kalau pun ada yang ingin diketahui dan ditanyakan mengenai perusahaan itu, kami pemerintah daerah juga siap membantu," tandasnya. RUL