Disbudpar Dompu Optimis Wujudkan Kemajuan Dunia Pariwisata, Khususnya Pantai "Wadu Jao"

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Disbudpar Dompu Optimis Wujudkan Kemajuan Dunia Pariwisata, Khususnya Pantai "Wadu Jao"

Kamis, 25 November 2021

 

Kepala Disbudpar Dompu, Ir. Abdul Muis M.Si (posisi dalam foto sedang berdiri), saat memaparkan rencana pengembangan destinasi wisata pantai Wadu Jao (ist/Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Dompu dibawah kendali Ir. Abdul Muis M.Si (Kepala Disbudpar Dompu), optimis mewujudkan kemajuan dalam dunia pariwisata di Kabupaten Dompu. Sampai saat ini, Disbudpar terus melakukan berbagai terobosan, khususnya dalam merencanakan tata kelola pembangunan mengembangkan potensi destinasi pariwisata.


"Iya benar, kami tengah melakukan perencanaan untuk memajukan dunia pariwisata di daerah kita tercinta ini," ungkap Abdul Muis, pada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Kamis (25/11/2021).




Diakui Abdul Muis, salah satu yang menjadi titik fokus pihaknya yakni melakukan perencanaan tata kelola pembangunan di Pantai Wadu Jao yang terletak di Desa Jambu, Kecamatan Pajo. Lokasi ini, memiliki keindahan panorama alam yang sangat indah dan keunikan yang luar biasa. Selain terdapat batu batu cadas di sepanjang pantai yang berwarna hijau. 


Pantai Wadu Jao (sumber foto Facebook)


Juga, deburan ombak yang indah ditambah pemandangan matahari terbit dan matahari tenggelam serta keindahan lainnya. "Inilah alasan kami untuk mengembangkan pariwisata Pantai Wadu Jao,"  terangnya. 


Abdul Muis juga menyebut, rencana pengembangan pariwisata Wadu Jao, ini nantinya adalah pintu masuk untuk mengembangkan pariwisata pantai Ngampa Desa Jala, Kecamatan Hu'u dan Pantai Ria, Kecamatan Woja.  


"Artinya, jika lokasi pantai Wadu Jao sudah tersentuh oleh berbagai pembangunan termasuk sarana dan fasilitas pendukung pariwisata. Maka para wisatawan nantinya bisa menikmati kegiatan wisata mengunjungi pantai Ngampa dan Ria dengan menaiki perahu dari lokasi pantai Wadu Jao," jelasnya. 


Pembangunan apa saja yang direncanakan di wilayah pantai Wadu Jao ?


Kata Abdul Muis, meski masih tahap perencanaan, lokasi itu akan dibangun berbagai fasilitas dengan tata kelola pembangunan yang luar biasa. Tidak hanya itu, di lokasi itu pun, juga akan mewujudkan berbagai aktivitas pariwisata. "Saat ini, kami tengah merancang seperti apa contoh tata kelola pembangunan di lokasi itu," paparnya. 


Ketika lokasi pantai Wadu Jao tersentuh oleh pembangunan, apakah akan mampu menggenjot nilai nilai kemajuan Bumi Nggahi Rawi Pahu (Dompu) ?


Menurut Abdul Muis, salah satu tolak ukur kemajuan daerah, itu di bidang pariwisata. Jika, pemerintah mampu mengembangkan potensi pariwisata, tentu akan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan daerah, masyarakat dan lainnya. 




"Jika destinasi wisata di daerah kita kelola dengan baik. Termasuk dari segi tata kelola pembangunannya. Maka sudah pasti daerah ini akan terkenal dan membuat para wisatawan di luar - luar sana akan hadir melakukan aktivitas pariwisatanya. Sampai saat ini, juga banyak masyarakat yang melakukan aktivitas pariwisata di pantai Wadu Jao," katanya. 


Tambah Abdul Muis, inilah yang sedang direncanakan oleh pihaknya dalam mengembangkan potensi pariwisata. "Tahun 2022 nanti, kami akan memantapkan perencanaanya. Jika anggarannya memadai, kemungkinan rencana pembangunan akan diwujudkan pada tahun 2023," tandasnya. RUL