TMMD Ke-112, Kodim 1614/Dompu Gelar Penyuluhan Posyandu, Stunting dan Posbindu

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

TMMD Ke-112, Kodim 1614/Dompu Gelar Penyuluhan Posyandu, Stunting dan Posbindu

Jumat, 08 Oktober 2021

 

Kegiatan penyuluhan Posyandu, Stunting dan Posbindu serta pembagian Sembako di lokasi sasaran non fisik TMMD Ke-112 Kodim 1614/Dompu tahun 2021 tepatnya di Kecamatan Pekat

Dompu, Topikbidom.com - Kodim 1614/Dompu melalui Satgas TMMD, Jumat (8/10/2021) menggelar kegiatan penyuluhan tentang Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Kondisi tinggi badan anak lebih pendek dibanding tinggi badan anak seusianya (Stunting) dan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu) di Desa Kadindi Atas, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu.


Kegiatan penyuluhan yang merupakan bagian dari salah satu sasaran non fisik pada program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-112 Kodim 1614/Dompu tahun 2021, dipimpin Kasdim 1614/Dompu Mayor Czi Edi Gustaman dan dihadiri peserta yang terdiri dari para ibu hamil dan anak anak. 


Para ibu ibu hamil (peserta kegiatan penyuluhan)


Hadir juga, Tim Wasev Kodam IX/Udayana Mayor Inf. Lalu Muh Syukur S'Ag, PJs Pasi Ter Kodim1614/Dompu Letda Inf. Syaefudin, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVIII Kodim 1614/Dompu Rininta Oktavia Ali Cahyono S.kom, Kepala Puskesmas Calabai Syafrudin, Kepala Desa kadindi atas Doriwanto serta lainnya. 


Kasdim 1614/Dompu Mayor Czi Edi Gustaman, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari sasaran fisik program TMMD. "Penyuluhan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada para ibu hamil dan anak anak mengenai Posyandu, Stunting dan Posbindu," ungkapnya. 


Pada kesempatan ini, Kasdim juga mengingatkan kepada masyarakat  tetap menjaga kesehatan dan selalu memperhatikan pola makan yang sehat. "Tetaplah menerapkan protokol kesehatan agar kita semua terhindar dari penyebaran COVID-19," terangnya. 


Kepala Puskesmas Calabai Syafrudin, menyampaikan masalah Stunting sudah menjadi atensi khusus di tingkat Nasional, sehingga pemerintah mengintruksikan melalui pimpinan TNI agar mensosialisasikan tentang bahaya stunting atau gizi buruk.


Ia juga menjelaskan, bahwa pihaknya sudah menempatkan dua orang bidan terbaik untuk Desa Kadindi untuk memberikan pelayanan kesehatan. "Artinya, para Bidan ini memberikan pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat," katanya. 


Ia juga mengingatkan, kepada para ibu ibu yang merasa diri hamil agar secepatnya melakukan pemeriksaan dan mengikuti anjuran kesehatan demi menjaga kesehatan diri dan anak dalam kandungan. 


"Tugas utama Bidan yakni bagiamana bisa membantu para ibu hamil untuk tetap menjaga kesehatan diri dan bayi dalam kandungan," jelasnya. 


Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXVIII Kodim 1614/Dompu Rininta Oktavia, juga menyampaikan agar para ibu hamil tetap menjaga pola makan yang sehat dan tetap melaksanakan posyandu yang sudah tentukan oleh tenaga kesehatan. "Mari tetap sadar akan kesehatan dan menghindari hal hal yang bisa mengancam keselamatan," ajaknya. 


Penyerahan bantuan sembako

Menariknya, pada kegiatan ini pun, juga dirangkaikan dengan pembagian sembako untuk para Ibu hamil dan lainnya yang diserahkan secara langsung oleh Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXVIII Kodim 1614/Dompu dan lainnya. Sembako ini, berupa besar 1 ton dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). RUL