Musim Hujan Melanda, Warga Desa Doropeti Keluhkan Bau Busuk Limbah Tebu PT SMS

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Musim Hujan Melanda, Warga Desa Doropeti Keluhkan Bau Busuk Limbah Tebu PT SMS

Rabu, 27 Oktober 2021

 

Mantan Kades Doropeti Amirullah Alwi (dok : topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Warga Desa Doropeti, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, mengeluhkan timbulnya bau busuk yang bersumber dari limbah tebu PT. Sukses Mantap Sejahtera (SMS). Kondisi ini, kerap kali dirasakan warga setempat pada saat memasuki musim hujan. 


"Bau busuk limbah tebu PT. SMS kerap kali kami rasakan setiap musim hujan. Bahkan, kemarin malam Rabu 27 Oktober 2021, bau limbah itu sangat menyengat hingga membuat kepala terasa pusing dan mual," ungkap mantan Kepala Desa (Kades) Doropeti, Amirullah Alwi, pada sejumlah wartawan di Desa Doropeti, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Rabu (27/10/2021). 




Diakui Amirullah Alwi, bau limbah ini sudah sejak lama dirasakan oleh warga di Desa Doropeti. Namun, sayangnya sampai saat ini belum juga ada jalan keluarnya. "Masalah ini sudah lama kami suara kepada para pihak pihak terkait, tapi sampai tidak ada yang merespon," katanya. 


Menurut Amirullah Alwi, jika masalah ini dibiarkan tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan warga. "Masa kami harus dibiarkan menghirup bau limbah itu setiap musim hujan. Ini sangat berbahaya bagi kesehatan kami," katanya lagi. 


Lanjut Amirullah Alwi, dirinya bersama warga Desa Doropeti sangat berharga masalah ini segera diatasi dan dicarikan jalan keluarnya. "Kami tidak ingin lagi merasakan bau limbah busuk itu. Khususnya, pada saat kami makan," tandasnya. 


Sementara itu, sampai berita ini diunggah pihak PT. SMS belum juga berhasil dimintai tanggapan mengenai masalah limbah tersebut. RUL