Dimasa Pandemi Covid-19, SDN 1 Dompu Terus Tingkatkan Peran Dalam Dunia Pendidikan

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Dimasa Pandemi Covid-19, SDN 1 Dompu Terus Tingkatkan Peran Dalam Dunia Pendidikan

Rabu, 28 Juli 2021

 

Kepala SDN 1 Dompu, Hj Suharti S.Pd (ist/Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Meski saat ini Pemda melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Dompu, masih memberlakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara Dalam Jaringan (Daring) untuk mencegah penyebaran Covid-19. Namun, tidak menyurutkan semangat jajaran sekolah untuk terus meningkatkan perannya dalam dunia pendidikan. 


Hal itu terbukti, seperti yang dilakukan oleh Kepala SDN 1 Dompu, Hj Suharti S.Pd bersama para guru di sekolah setempat. Selain, tetap aktif memberikan pelajaran kepada para siswa lewat daring. Para guru juga tetap aktif untuk memastikan para siswa tetap belajar di rumahnya masing masing. 


"Walau saat ini diberlakukan KBM secara Daring. Kami di SDN 1 Dompu tetap melaksanakan tugas untuk memberikan pelajaran kepada para siswa dengan manfaatkan aplikasi WhatsApp," ungkap Hj Suharti S.Pd, pada sejumlah wartawan, Rabu (28/7/2021).



Inilah aktivitas KBM secara daring SDN 1 Dompu (ist/Topikbidom.com)




Kata Hj Suharti S.Pd, setiap pagi hari (jam sekolah) para guru disekolah ini tetap menjalankan tugasnya dengan membimbing dan memberikan mata pelajaran kepada para siswa melalui panggilan video WhatsApp. 


"Masing masing guru (wali kelas) bertanggungjawab untuk memberikan pelajaran kepada para siswanya. Meski aktivitas ini dilakukan melalui aplikasi WhatsApp. Tapi aktivitas ini sama halnya seperti melakukan KBM secara tatap muka," jelasnya. 



Apalagi lanjut Hj Suharti S.Pd, para siswa memiliki buku Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan bahan ajar cetak yang berupa lembaran-lembaran berisikan tugas-tugas dengan langkah kerjanya sehingga siswa dapat belajar mandiri atau dengan pendamping (guru). 


"Buku LKS ini sangat bermanfaat agar memacu semangat para siswa untuk tetap belajar meski seda berada di rumah mereka masing masing," terangnya. 


Diakui Hj Suharti S.Pd, antusias para siswa untuk belajar meski sedang berada di rumahnya sangat luar biasa. Mereka dengan penuh semangat menyelesaikan berbagai mata pelajaran dari para guru. "Alhamdulillah, sampai saat ini KBM secara daring bisa dilakukan secara maksimal oleh kami," katanya. 


Hj Suharti S.Pd juga menjelaskan,  capaian ini juga berkat kegigihan dan semangat para orang tua siswa yang menginginkan anak anaknya tetap mendapatkan pelajaran dari para guru meski KBM dilakukan secara daring. "Peran orang tua sangat luar biasa dalam mendampingi anak anaknya untuk tetap mendapatkan mata pelajaran dari para guru," paparnya. 


Lanjut Hj Suharti S.Pd, keberadaan buku LKS ini pun juga sangat memberikan manfaat yang besar bagi para siswa. LKS itu, lembar kerja siswa dan buku ini bisa diadakan atas persetujuan komite dan wali murid yang membutuhkan. Selain itu, LKS ini juga diadakan  atas permintaan orang tua siswa yang meminta para guru agar mengajarkan anak anaknya dengan buku LKS. 


"Pengadaan LKS di sekolah  disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Apalagi saat ini sekolah disaat corona. Jadi sekolah belajar daring dibimbing langsung oleh guru wali kelasnya masing masing. Jadi Wali kelas dan orang tua sangat kesulitan kalau tidak ada buku bantu seperti LKS," tandas Hj Suharti S.Pd, yang diketahui sudah hampir 2 tahun menjadi Kepala di SDN 1 Dompu dan berhasil membawa perubahan kemajuan yang luar biasa dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah setempat. 


Berdasarkan informasi dihimpun wartawan Topikbidom.com, SDN 1 Dompu yang diketahui memiliki jumlah siswa kurang lebih 500 orang ini adalah salah satu sekolah favorit di wilayah Kabupaten Dompu. Hal itu terbukti, sampai saat ini banyak para orang tua di Kabupaten Dompu memutuskan untuk menyekolahkan anak anaknya di SDN 1 Dompu. Selain sekolah ini terampil dan mampu mencetak generasi generasi pelajar yang luar biasa, pintar dan berprestasi. Juga mampu memajukan dunia pendidikan. (*)