Menparekraf RI Sambangi Kampung Pengrajin Tenun di Kota Bima

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Menparekraf RI Sambangi Kampung Pengrajin Tenun di Kota Bima

Minggu, 13 Juni 2021

 

Menparekraf RI, saat menyambangi kampung pengrajin Tenun di Kota Bima (sumber foto : akun Facebook Sandiaga Salahuddin Uno)


Kota Bima, Topikbidom.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno bersama rombongan, menyambangi kampung pengrajin tenun di lingkungan Ntobo Kota Bima, NTB. Dilokasi ini, Menparekraf RI melihat langsung produksi tenun yang dikelola Ibu Yuyun pemilik Rumah Tenun Dina. 


"Kali ini kami berkunjung ke Kampung Tenun Ntobo, NTB. Melihat produksi tenun yang dikelola Ibu Yuyun, pemilik Rumah Tenun Dina yang saat ini bersama ratusan pengrajin lainnya mati suri akibat pandemi Covid-19," ungkap Menparekraf RI, dikutip dari laman Facebook-nya dengan nama akun Sandiaga Salahuddin Uno. 




(Sumber foto : akun Facebook Sandiaga Salahuddin Uno)


Menurut Menparekraf RI, kondisi ini sebagai tantangan namun juga sekaligus peluang. "Kami siap berikan bantuan, menyiapkan strategi khusus untuk Ibu Yuyun beserta ratusan pengrajin tenun di Kota Bima untuk bisa kembali bangkit. Bahkan, kita bisa bidik pasar ekspor," katanya. 


Lanjut Menparekraf RI, tentunya bantuan tersebut dari permodalan, hingga pelatihan keterampilan, khususnya digitalisasi UMKM yang meliputi penjualan online hingga pembuatan konten kreatif. "Dari konten-konten kreatif yang diproduksi itu bisa digunakan untuk menjual produk-produk tenun Bima yang ada di Kelurahan Ntobo," terangnya. 


Tambah Menparekraf RI, Ia juga terus mengingatkan kepada para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) untuk terus berkreasi di tengah keterbatasan imbas Covid-19. "Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Lewat adaptasi, inovasi dan kolaborasi, kebangkitan ekonomi dapat segera terealisasi," Tandasnya. Alamsyah