Debat Publik Kedua, Ini Paparan Para Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2020

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Debat Publik Kedua, Ini Paparan Para Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2020

Sabtu, 05 Desember 2020

 

Acara Debat Publik Kedua Paslon Bupati dan Wakil Bupati (Pilkada) Dompu Tahun 2020

DOMPU, Topikbidom.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu, Jumat (4/12/2020) malam menggelar acara debat publik kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati (Pilkada) Dompu Tahun 2020 di aula rapat kantor DPR Kabupaten Dompu. 


Debat Publik yang berlangsung dengan tema Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Dompu Berbasis Lingkungan, Pertambangan dan Sosial Ekonomi, ini dihadiri langsung oleh Paslon nomor urut 1 (Hj. Eri Aryani dan  H. Ikhtiar SH), Paslon nomor urut 2 (Kader Jaelani dan H Syahrul Parsan ST, MT) dan Paslon nomor urut 3 (H. Saiful Rahman Salman dan Ika Rizky Veryani). 



Paslon nomor urut 1,2 dan 3





Debat publik kedua ini pun, dipimpin langsung Moderator Dr. H. Ferry Kurnia Rizkiyansyah (Direktur Eksekutif Network for Democrazy and Electoral Integrity/NETGRIT). Hadir pula, Ketua KPU Dompu Drs. Arifuddin beserta seluruh Komisioner, Ketua Bawaslu Dompu Drs. Irwan beserta 1 orang Komisioner, Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom beserta anggotanya, Kapolres Dompu AKBP syarif Hidayat, SIK beserta anggotanya, Kajari Dompu beserta anggotanya, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar A.Md, Par, Ketua Komisioner KPU Provinsi NTB Suhardi Soud, Sekda Dompu Drs. H. Muhibuddin M.Si serta undangan lainnya. 


Debat publik kedua


Debat publik ini, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian Ketua KPU Dompu Drs. Arifuddin, yang menyampaikan bahwa malam ini Debat Publik kedua dengan Tema Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Dompu Berbasis Lingkungan, Pertambangan dan Sosial Ekonomi. 


Ia menyebut, alasan dibatasinya para undangan yang hadir karena memang harus mengikuti protokol pencegahan Covid-19, Maka itu pihaknya menyampaikan permintaan maaf karena tidak bisa mengundang lebih banyak."Mari kita ikuti debat publik dan menyimak Visi Misi masing masing kandidat dengan lebih seksama," ajak Drs. Arifuddin. 


Usai penyampaian ini pun, dilanjutkan berbagai rangkaian kegiatan antaralain pembacaan dan penayangan Profil Komisioner KPUD Dompu dan Tim Pakar Debat Publik Tahap Dua. Penyerahan soal Debat dari Tim Pakar kepada Ketua KPUD Dompu dan dari Ketua KPUD Dompu kepada Moderator.


Setelah itu, Debat Publik dimulai yang dipandu oleh Moderator Dr. H. Ferry Kurnia Rizkiyansyah (Direktur Eksekutif Network for Democrazy and Electoral Integrity/NETGRIT) dan dilanjutkan dengan  pembacaan dan Penayangan Profil paslon nomor urut 1, 2 dan 3 serta masing masing Paslon menempati Podium Debat yang telah di siapkan dan dilakukan pembacaan tata tertib dan peraturan Debat publik Tahap Dua. Setelah ini pun, kembali dilanjutkan sesi pertama dengan penyampaian Visi misi serta Program kerja andalan masing masing paslon sesuai dengan tema Debat.


Paslon nomor urut 1


Pada kesempatan ini, Paslon nomor urut 1 (Hj. Eri Aryani dan H Ikhtiar SH/ERI-HI), menyampaikan Visi yakni terwujudnya masyarakat Dompu yang Mandiri dan Religius. Misinya, menegakkan kedaulatan hukum pemerintahan yang berdaulat dan meningkatkan pelayanan mandiri. Meningkatkan pelayanan Pendidikan, kesehatan yang terjangkau dan berkualitas dan mengembangkan masyarakat yang religius, berakhlak mulia, berbudaya dan menghormati sesama.


"Untuk program unggulan kami Paslon nomor urut 1 yakni meningkatkan sistem akuntabilitas kinerja instansi Pemerintahan, Peningkatan Sarana Prasarana Kesehatan dan pendidikan dan Optimalisasi peran serta masyarakat dalam mengawasi, mencegah peredaran Narkoba di tengah masyarakat," paparnya. 


Paslon nomor urut 2


Disela waktu, Paslon nomor urut 2 (Kader Jaelani dan H Syahrul Parsan ST, MT/ AKJ-SYAH), menyampaikan visinya yakni terwujudnya Kabupaten Dompu sebagai daerah berbisnis, sejahtera, unggul, dan Religius (DOMPU MASHUR). Misinya, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih yang bebas dari praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat melalui pengembangan komoditas unggulan di bidang usaha tani dan agrobisnis, Meningkatkan mutu pelayanan Pasar dan pelayanan publik yang transparan dan akuntable serta berkeadilan.


Mewujudkan pembangunan infrastruktur yang memadai dan merata serta membuka akses jalan ekonomi desa. Mewujudkan Sumber Daya Alam yang lestari dan berkelanjutan, penataan dan pengelolaan kawasan pesisir menjadi sentra pengembangan ekonomi berbasis perikanan dan  Mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang religius berkarakter Nggahi Rawi Pahu serta meningkatkan derajat kehidupan sosial dan budaya.


Sedangkan untuk program unggulan yakni, Penerepan tekhnologi Informasi dan Komunikasi melalui penerapan E-Goverment, E-Budgeting, E-Kinerja dan pelayanan terpadu satu pintu. Jara Pasaka (Mengembangkan komoditas Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan), Pasaka Desa (Mengembangkan Agrobisnis pedesaan sebagai penggerak ekonomi di desa), Pemberdayaan 1000 UMKM (Mencetak Pelaku Wira Usaha baru khususnya di kalangan milenial, pemuda dan perempuan), Sanitasi dan Air Bersih (Untuk meningkatkan mutu dan layanan kesehatan). 


"Pendidikan Vokasional Gratis (Melalui balai balai Latihan Kerja untuk mencetak tenaga terampil yang bersertifikat) dan 1 Desa 1 Ambulance (untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya untuk masyarakat di wilayah terpencil," paparnya. 


Paslon nomor urut 3


Disela waktu juga, Paslon nomor urut 3 ((H. Saiful Rahman Salman dan Ika Rizky Veryani/SUKA), menyampaikan visi Mewujudkan masyarakat Dompu yang religius, sehat, Pintar, aman dan sejahtera. Misinya, meningkatkan keimanan dan ketakwaan sesuai dengan keyakinan masing masing dengan mendorong pertumbuhan sarana dan prasarana pembelajaran keagamaan dan  Meningkatkan toleransi antar umat beragama dengan membangun harmonisasi hubungan dan komunikasi antar umat beragama.


Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan menjamin pemberian pelayanan yang prima, berkualitas, baik dan gratis. Peningkatan SDM tenaga Medis dan Non Medis melalui pelatihan tugas belajar, meningkatkan kesejahteraan tenaga medis dan non medis.


Mewujudkan mutu pendidikan yang berkualitas tinggi, merata di semua wilayah, berkelanjutan dan bebas dari segala bentuk pungutan atau Gratis. Peningkatan mutu SDM melalui penyebaran guru di setiap sekolah secara proposional sehingga menjadikan sekolah di kabupaten dompu menjadi sekolah unggulan. Penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai. Memberikan rasa aman, tentram dan terlindungi dari berbagai aspek dengan menghidupkan PAM Swadaya.


"Mendorong Pertumbuhan ekonomi dengan penyediaan lapangan pekerjaan. Mendorong pertumbuhan UMKM. Menjamin dan menjaga stabilitas harga hasil pertanian, peternakan dan perikanan dan perkebunan dan Mengembangkan Wira usaha muda melalui Diklat dan bantuan modal," paparnya. 


Usai ini pun, dilanjutkan dengan berbagai rangkaian sesi lainnya antaralain dengan sesi saling menjawab, menyangga dan menanggapi dengan membahas persoalan berkaitan dengan Kelestarian lingkungan hidup. Pada kesempatan ini, semua paslon menjawab, menyangga dan semua menanggapi dengan kembali membahas soal perindustrian dan pertambangan.


Sesi penajaman Visi Misi, pada kesempatan ini pun, para Paslon menjawab, menyangga dan menanggapi serta para paslon menanggapi balik dengan membahas persoalan Investasi dan peningkatan Pendapatan Daerah dengan memanfaatkan berbagai fasilitas dan Obyek wisata yang tersedia.


Kemudian sesi, para paslon bertanya, menjawab, merespon dan paslon merespon balik dengan membahas tema  Debat serta Visi misi Paslon. Lalu, dilanjutkan dengan sesi penyampaian apresiasi kepada paslon dan pernyataan penutup berturut turut dari paslon nomor urut 3, 2 dan paslon nomor urut 1. Setelah ini pun, dilanjutkan dengan berbagai rangkaian lainnya hingga selesai acara debat publik kedua. (Rul)