Dandim 1614/Dompu Pantau Bimtek dan Simulasi Pemungutan Suara Pilkada

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Dandim 1614/Dompu Pantau Bimtek dan Simulasi Pemungutan Suara Pilkada

Sabtu, 28 November 2020

 

Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono S.Kom, saat memberikan arahan pada kegiatan Bimtek dan Simulasi pemungutan suara Pilkada Tahun 2020. (ist/ Topikbidom.com)

DOMPU, Topikbidom.com - Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono S.Kom, Sabtu (28/11/2020) hadir dan memantau secara langsung Bimbingan Tehnik (Bimtek) dan simulasi pemungutan suara serta perhitungan suara Pilkada secara elektronik (SIREKAP) Tahun 2020.


Kegiatan yang dilaksanakan KPU Dompu di Hotel BALUMBA Lakey Desa Cangga Kecamatan Huu Kabupaten Dompu ini, diikuti PPK Kecamatan se-Kabupaten Dompu. Hadir juga Ketua KPU Dompu Drs. Arifuddin SH beserta Ketua Divisi Hukum dam pengawasan Agus Setiawan, Ketua Divisi Teknis penyelenggaraan Anshori, Ketua Divisi Sosialisasi, pendidikan, pemilih dan parmas Sulastriana SE, Ketua Divisi Program dan data Yaser, Ketua PPK beserta Sekertaris dan anggota PPK. 


Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.Kom, melalui penyampaiannya pada acara ini mengharapkan kepada para peserta agar memahami apa yang disampaikan pada kegiatan ini. "Ini sebagai dasar kita melaksanakan tugas dalam pelaksanaaan Pilkada dan mampu menyelesaikan masalah yang terjadi pada saat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara," ujarnya. 


Lanjut Dandim, pada saat pemungutan dan penghitungan suara yang berhak berada di dalam TPS adalah penyelenggara, pengawas dan para saksi yang telah mendapat mandat dari paslon dengan dibuktikan adanya surat mandat.


"Apabila ada permasalahan pada saat pemungutan dan penghitungan suara agar segera diselesaikan sebelum dilanjutkan tahapan selanjutnya sehingga permasalahan tidak berkembang," sarannya. 


Dandim juga mengingatkan, agar para penyelenggara, pengawas pemilu harus bersikap profesional, tegas dan jangan terpengaruh oleh adanya tekanan tekanan dari para peserta pemilu dan tetap mengikuti protokol pencegahan Covid-19. "Semoga pelaksanaan Pilkada nanti dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai," harapnya sembari menutup penyampaianya. 


Bimbingan Tehnik (Bimtek) dan simulasi pemungutan suara serta perhitungan suara Pilkada secara elektronik (SIREKAP) Tahun 2020. (ist/Topikbidom.com)


Kegiatan ini, merupakan lanjutan Bintek hari kedua dengan materi yang disampaikan Devisi Teknis KPU Dompu didampingi Kasubag Devisi Teknis KPU Dompu yang saat itu menyampaikan tentang sistim Aplikasi SIREKAP. Kemudian, penyampaian Materi oleh Divisi Hukum dan perundang undangan KPU Dompu, tentang perundang undangan PKPU nomor 9 Tahun 2018 dan Perubahan PKPU nomor 19 Tahun 2020.


Setelah itu, penyampaian Materi oleh Divisi Program dan Data yang dilanjutkan dengan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi suara dengan aplikasi SIREKAP yang di pimpin oleh Ketua PPK Kecamatan Woja. (Rul)