Dinas LHK NTB Minta PT ABB Hentikan Aktivitas Pembangunan Tambak Udang di Desa Kiwu

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Dinas LHK NTB Minta PT ABB Hentikan Aktivitas Pembangunan Tambak Udang di Desa Kiwu

Kamis, 25 April 2024
Foto lokasi pembangunan tambak udang di Desa Kiwu oleh PT ABB dan Foto surat teguran dari Dinas LHK NTB 


Dompu, Topikbidom.com – Aktivitas pembangunan tambak udang di Desa Kiwu, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu yang dilakukan PT Anugrah Berkah Berkelimpahan (ABB), tidak hanya mendapat penolakan dari Aliansi Gabungan Petani dan Nelayan Desa Kiwu. Tapi, juga mendapat teguran secara tegas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB.

 

Berdasarkan data dihimpun media Topikbidom.com, teguran ini dalam bentuk surat teguran nomor 660/1247/PPL-DISLHK/2024 ditandatangani secara langsung Kepala Dinas LHK NTB Julmansyah S.Hut M.A.P yang dilayangkan Dinas LHK NTB kepada PT ABB. Surat yang diterbitkan pada tanggal 28 Maret 2024, ini berbunyi sehubungan dengan adanya keresahan masyarakat akibat aktivitas pembangunan tambak udang oleh PT ABB di Desa Kiwu, Dinas LHK NTB menegaskan bahwa aktivitas pembangunan tambak udang tidak memiliki Persetujuan Lingkungan (PL) sebagai salah satu persyaratan dasar  perizinan berusaha oleh Dinas LHK NTB.

 

BACA JUGA: Petani dan Nelayan Desa Kiwu Hentikan Aktivitas Pembangunan Tambak Udang PT ABB






Atas dasar ini, Dinas LHK NTB meminta agar PT ABB segera menghentikan seluruh aktivitas pembangunan tambak udang sampai dengan semua persyaratan dasar untuk penerbitan perizinan berusaha telah diperoleh. Selain itu, Dinas LHK NTB meminta kepada PT ABB agar berkoordinasi dan konsultasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (KP) Provinsi NTB dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Provinsi NTB. Surat teguran ini, pun ditembuskan Dinas LHK NTB kepada Pj. Gubernur NTB, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (KP), Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Provinsi NTB dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Dompu.

 



Sementara itu, Perwakilan Direktur PT ABB Candra Hidayat, Kamis (25/4/2024) pada sejumlah media mengakui pihaknya telah menerima surat teguran dari Dinas LHK NTB. Kata Dia, surat itu sudah ditindaklanjuti oleh pihaknya dengan cara mendatangi langsung kantor Dinas LHK Provinsi NTB di Mataram. “Mengenai itu (teguran dinas LKH NTB, red) sudah tidak ada masalah dan semuanya sudah diselesaikan,” terang Candra, di lokasi pembangunan tambak udang di Desa Kiwu. RUL