Penanganan Masalah Banjir, Kota Bima Akan Dapat Kuncuran Dana Rp400 Miliar

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Penanganan Masalah Banjir, Kota Bima Akan Dapat Kuncuran Dana Rp400 Miliar

Rabu, 21 Juni 2023

 

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi SE



Kota Bima, Topikbidom.com – Diera kepemimpinan H Muhammad Lutfi SE, sebagai Wali Kota Bima, tidak hanya mampu mewujudkan perubahan kemajuan yang luar biasa, tapi juga mampu mematik perhatian serius dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat terhadap lanjutan pembangunan Kota Bima.

 

Hal itu, terbukti kabarnya tahun ini Kota Bima akan mendapatkan anggaran sebesar Rp400 Miliar untuk penanganan Banjir di Kota Bima. "Kota Bima bukan ibukota, tapi mendapat perhatian. Alhamdulillah Kota Bima rencananya akan diberikan anggaran hampir Rp400 miliar dalam penanganan banjir perkotaan yang akan dilaksanakan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS),” ungkap Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi SE, saat menghadiri sekaligus membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kelurahan Lewirato. Bertempat di RT 05/RW 02 Lewirato, Selasa (20/6/2023).

 

Kata dia, kabar baik ini merupakan jawaban dari doa dan harapan seluruh masyarakat Kota Bima yang dijawab oleh Allah SWT. “Alhamdulillah, apa yang kita harapkan selama ini akhirnya terealisasi,” tuturnya.

 

Diakui Wali Kota, tidak terbayang olehnya penanganan banjir yang sebelumya dicanankan dalam visi-misi terbakulkan. “Ini berkat doa semuanya, baik program normalisasi sungai di 2 sungai yakni sungai Padolo dan sungai Melayu semua bisa dilaksanakan oleh bantuan JICA dari Jepang,” jelasnya.

 

Begitu juga program NUFReP dari World Bank lanjut Wali Kota, dimana item (program) ini untuk mengatasi banjir perkotaan. “Yang mendapatkan program ini di Indonesia hanya 5 daerah antara lain Kota Bima, Samarinda, Semarang, Manado dan Medan,” terangnya.

 

Menurut Wali Kota, ini merupakan hadiah yang luar biasa di akhir masa jabatannya sebagai Wali Kota Bima. “Dulu stigma orang diluar sana kalau Bima ini, dinamakan biang masalah. Bagi saya tidak, bagi saya saat sekarang Kota ini penuh dengan prestasi dan inovasi. Hal itu bisa dibuktikan dengan adanya capaian berbagai penghargaan sebagai Kota dengan pembangunan daerah terbaik 4 kali berturut-turut yang dinilai oleh Bappenas,” katanya.

 

Ia menyebut, Kota Bima satu-satunya di NTB yang memiliki command center yang mengendalikan pemerintahan dalam hal pelayanan kepada masyarakat dimulai dari tingkat RT, Lurah sampai ke dinas-dinas, sehingga membuat orang diluar sana banyak belajar di Kota Bima.

 

"Saya ingat betul ketika saya hadir di Kota Bima, urutan inovasi Kota Bima berada di urutan ke 413 se Indonesia. Tapi kita genjot 2 tahun kemudian masuk urutan 15 besar. Ini merupakan lompatan-lompatan yang tidak terhingga, mudah-mudahan prestasi ini bisa kita jaga, bisa kita rawat sehingga Kota Bima bisa sejajar dengan kota-kota lainnya," tandasnya. RUL/$