Kembali Disnakwan Dompu Kirim 417 Ekor Ternak Lewat Tol Laut

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Kembali Disnakwan Dompu Kirim 417 Ekor Ternak Lewat Tol Laut

Kamis, 08 Juni 2023
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakwan) Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh SE, M.Si


Dompu, Topikbidom.com – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakwan) Kabupaten Dompu, melalui kepemimpinan Muhammad Abduh SE, M.Si, terus menunjukan eksistensi dan keberhasilannya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

 

Hal itu, terbukti Disnakwan yang menjadi salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pendulang dan pendongkrak program unggulan yang dicetus AKJ-SYAH (Bupati Dompu H Kader Jaelani dan Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan ST MT) yakni Sapi (Jara Pasaka), baru – baru ini  kembali melakukan pengiriman 417 ekor ternak melalui Tol Laut di wilayah Kabupaten Dompu, setelah sebelumnya sukses mengirim 550 ekor ternak lewat Tol Laut pertama Dompu.

 

“Alhamdulillah, baru baru ini kami Disnakwan kembali berhasil mengirim 417 ekor ternak melalui Tol Laut. Ini adalah pengiriman kedua, setelah sebelumnya berhasil mengirim 550 ekor ternak pada pengiriman pertama lewat tol laut,” ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakwan) Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh SE, M.Si, pada media ini, Kamis (8/6/2023).

 

Inilah ternak yang dikirim melalui Tol Laut Kabupaten Dompu


Kata Dia, keberhasilan pengiriman tol kedua ini, tidak terlepas dari adanya kerjasama dan koordinasi secara intens antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Daerah Dompu. “Pengiriman ternak asal Kabupaten Dompu ke Jakarta ini, merupakan bentuk implementasi program Jara Pasaka dan Kabupaten Dompu sebagai salah satu daerah penyedia Sapi potong,” jelasnya.

 

Ia menyebut, tercatat  populasi ternak tahun 2021 sebanyak 154.521 ekor. Kemudian tahun 2022 populasinya meningkat 164.66 ekor (dari target 6 persen naik menjadi 6,2 persen). “Sektor peternakan sebagai salah satu program prioritas Jara Pasaka akan tetap dan terus berupaya dalam membuat gerakan demi memajukan sektor. Jara Pasaka Dompu Mashur dan Peternakan Tangguh Petani Sejahtera,” terangnya.

 

Sekertaris DPD PEPEHANI Dompu Tamrin S.Sos, saat berada di lokasi pengiriman ternak melalui Tol Laut Dompu


Sementara itu, Sekertaris DPD PEPEHANI Dompu Tamrin S.Sos, Kabupaten Dompu, mengapresiasi keberhasilan Disnakwan Dompu, dalam melakukan pengiriman ternak lewat Tol Laut. Bahkan, Ia mengaku bangga dan bahagia. “Kami peternak pun masih sangat berharap bisa mengirim ternak lewat Tol Laut. Alasannya, selain sewa kapal yang murah, juga kondisi sapi pun tetap stabil sehingga tidak mempengaruhi harga ternak di Jakarta,” tandasnya.  (RUL/ADVERTORIAL)