Dikes Dompu Jelaskan Soal Anggaran Pengadaan APD Lengkap dan Data Vaksinasi

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Dikes Dompu Jelaskan Soal Anggaran Pengadaan APD Lengkap dan Data Vaksinasi

Jumat, 22 April 2022

 

Kepala Dikes Dompu, Maman SKM M.MKes


Dompu, Topikbidom.com - Sejak Kabupaten Dompu dilanda Pandemi Covid-19, Pemda Dompu melalui Dinas Kesehatan (Dikes) bersama jajaran Puskesmas, terus bergerak untuk melakukan berbagai langkah penanganan guna mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

Bahkan, dari mengenai ketersediaan anggaran tentunya fokus untuk membiayai berbagai kebutuhan dan kegiatan yang dilaksanakan.


Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Dompu, Maman SKM M.MKes, mengaku sampai saat ini Dikes dan Puskemas tetap fokus untuk melakukan vaksinasi terhadap masyarakat umum, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan lainnya.


"Meski angka positif Covid-19 di Dompu sudah mengalami penurunan, tapi kegiatan vaksinasi tetap dilaksanakan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19," ungkapnya, saat dikonfirmasi wartawan Topikbidom.com melalui sambungan telepon, Sabtu (23/4/2022).


Kata Dia, vaksinasi dilaksanakan di sejumlah  tempat ini, dilakukan guna meningkatkan cakupan vaksinasi khususnya di bulan suci Ramadhan. "Itulah yang kami lakukan," jelasnya.


Disinggung mengenai penggunaan anggaran pada tahun sebelumnya untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap pada tahun-tahun sebelumnya?



Maman membenarkan hal tersebut, pengadaan APD lengkap saat itu sangat dibutuhkan pada saat awal-awal Kabupaten Dompu, dilanda pandemi Covid-19. Sehingga, anggaran untuk membiayai pengadaan APD lengkap itu sangat besar.
"Iya benar, pengadaan APD lengkap kemarin menguras anggaran yang lumayan besar," terangnya.


Maman juga mengakui, pada saat melakukan pengadaan APD lengkap kemarin, mengenai harga APD lengkap tidak menjadi masalah karena APD itu sangat dibutuhkan. "Mahalnya harga APD lengkap itu tidak menjadi soal. Apalagi barang itu benar-benar dibutuhkan," katanya.


Maman menegaskan, penggunaan anggaran pengadaan APD lengkap tempo dulu (tahun-tahun sebelumnya) tidak ada masalah. Bahkan, itu terbukti berdasarkan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Inspektorat Dompu.


"Tidak adanya temuan BPK terhadap penggunaan anggaran untuk pengadaan APD lengkap, menjadi bukti bahwa tidak ada masalah mengenai anggaran itu," Tandasnya. RUL