Wujudkan Peningkatan Mutu Pendidikan, Dikpora Berlakukan KBM Tatap Muka Tahun 2022

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

Wujudkan Peningkatan Mutu Pendidikan, Dikpora Berlakukan KBM Tatap Muka Tahun 2022

Minggu, 02 Januari 2022

 

Kepala Dinas Dikpora Dompu, Drs. H Rifaid M.Pd (dok: Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Dompu, memberlakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Tatap Muka (luar jaringan) tahun 2022. Hal ini, dilakukan sebagai langkah meningkat mutu pendidikan di Bumi Nggahi Rawi Pahu. 


Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, Drs. H Rifaid M.Pd, mengatakan, kondisi pandemi COVID-19 yang melanda Kabupaten Dompu, tentu saja menahan laju peningkatan mutu pendidikan. Kondisi ini, akibat KBM dilaksanakan secara Dalam Jaringan (Daring). 


"Tidak bisa dipungkiri pandemi mengakibatkan tidak maksimalnya KBM," ungkap Drs. H Rifaid M.Pd, saat dikonfirmasi wartawan di Kantor Dinas Dikpora Dompu, Senin (3/1/2022). 


Ia menyebut, pada tahun 2020 dan 2021 lalu pelaksanaan program pendidikan sama saja di Kabupaten Dompu. Akibat pandemi COVID-19, anggaran di Dinas Dikpora direfocusing sebanyak dua kali. 


"Akibat kondisi ini, Dinas Dikpora tidak bisa berkreasi dan berinovasi karena pembelajaran tatap muka secara minimal kita lakukan dan pembelajaran daring tidak bisa memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan," jelasnya. 


Lanjut Drs. H Rifaid M.Pd, itulah alasan di tahun 2020 dan 2021 lalu mutu pendidikan sangat dipengaruhi oleh pandemi COVID-19. "Apalagi di tahun kemarin pemerintah pusat mengharuskan kita memberlakukan pembelajaran secara daring," terangnya. 


Drs. H Rifaid M.Pd juga menyebut, alhamdulillah di tahun 2022, ini sudah terbit surat KBM dilaksanakan 100 persen secara tatap muka. Maka itu, ia mengimbau kepada seluruh jajaran sekolah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan penyediaan tempat mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak serta lainnya. 


"Kita sama sama meyakini, KBM tatap muka akan mampu meningkatkan mutu pendidikan dan pelaksanaannya pun bisa dilakukan secara maksimal," tandasnya. (*)