PT STM Dirikan Bank Sampah, Gubernur NTB dan Wabup Dompu Hadir Letakan Batu Pertama

Kategori Berita


Iklan Semua Halaman

.

PT STM Dirikan Bank Sampah, Gubernur NTB dan Wabup Dompu Hadir Letakan Batu Pertama

Minggu, 05 Desember 2021

 

Gubernur NTB didampingi Presiden Direktur PT STM, saat meletakan batu pertama pembangunan Bank Sampah di Kecamatan Hu'u (ist/ Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Perusahaan tambang Sumbawa Timur Mining (PT STM) Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, ternyata tidak hanya fokus untuk meningkatkan peran dalam dunia pertambangan. Juga, mampu meningkatkan berbagai trobosan dan langkah demi memberikan kontribusi bagi kemajuan daerah dan masyarakat. 


Hal itu, terbukti seperti yang dilakukan PT STM diakhir tahun 2021 di wilayah Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu. Perusahaan ini, mencanangkan program pengelolaan sampah dengan membangun Bank Sampah. 


Sarana ini (Bank Sampah), merupakan wadah untuk masyarakat menghasilkan pundi pundi pendapatan ekonomi (uang) untuk masyarakat Kabupaten Dompu, khususnya masyarakat di Kecamatan Hu'u. Artinya, masyarakat bisa mengumpulkan sampah dan menjualnya di Bank Sampah. 


Peran PT STM, mendirikan Bank Sampah, ini pun direspon baik dan luar biasa oleh Pemda Dompu, Provinsi NTB dan masyarakat serta lainnya. Respon ini pun, ditunjukan oleh pemerintah dalam hal ini Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc dan Wakil Bupati (Wabup) Dompu H Syahrul Parsan ST MT, hadir langsung untuk meletakan batu pertama pembangunan Bank Sampah di Kecamatan Hu'u, Minggu (5/12/2021).


Dilokasi ini, juga hadir Sekda Dompu Gatot Gunawan S.KM M.MKes, para pimpinan OPD lingkup Pemkab Dompu, Forkopimda Dompu, Kades se-Kecamatan Hu'u, Babinsa, Babinkamtibmas dan Masyarakat Kecamatan Hu'u serta undangan lainnya. 


Presiden Direktur PT STM, saat menyampaikan sambutannya (ist/Topikbidom.com)

Presiden Direktur PT. STM, Bade Evan, menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih atas kehadiran Gubernur NTB beserta rombongan dan Wakil Bupati Dompu beserta rombongan untuk meletakan batu pertama pembangunan Bank Sampah yang dilaksanakan PT STM. 


"Kehadiran para pihak adalah kebanggaan bagi kami. Perlu diketahui bahwa pendirian Bank sampah ini adalah program kami untuk membantu masyarakat," ujarnya. 


Kata Dia, semoga dengan adanya Bank Sampah nanti akan mampu menghasilkan uang bagi masyarakat. "Artinya, masyarakat bisa menghasilkan uang melalui sampah tanpa harus membuang sampah sembarangan," tuturnya. 


Diakui  Bade Evan, pihaknya mengingikan ada kemajuan bagi masyarakat di Kecamatan Hu'u."Kami berharap sampah yang dihasilkan oleh masyarakat bisa dibawa kesini agar masyarakat bisa mendapatkan uang," katanya. 


Wakil Bupati Dompu, bersama dengan jajaran PT. STM (ist/Topikbidom.com)


Disela waktu, Wakil Bupati (Wabup) Dompu H Syahrul Parsan ST MT, melalui sambutannya menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas pembangunan Bank Sampah oleh PT. STM. Saranan ini, nantinya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk menghasilkan sampah. 


"Ini sangat luar biasa. Dulu, sampah kita buang percuma. Tapi sekarang sampah mampu menghasilkan uang. Ini harus dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan pendapatan ekonomi," ujarnya. 


Lanjut Wabup, dengan menabung di Bank Sampah dan mampu menghasilkan pundi pundi penghasilan (uang), maka secara tidak langsung semua membangun bangsa dan masyarakat makmur. 


"Kami juga Pemda Dompu juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur NTB yang sudah hadir untuk meletakan batu pertama pembangunan Bank Sampah di wilayah Dompu ini. Kami juga, sangat mengharapkan dukungan pemerintah pusat akan adanya bank sampah," terangnya. 


Gubernur NTB, saat menyampaikan sambutannya (ist/Topikbidom.com)


Disela waktu juga, Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc, melalui sambutannya juga menyampaikan apresiasinya kepada PT STM yang mencanangkan program pengelolaan sampah dan mendirikan Bank Sampah. 


"Semoga bank sampah ini terus mengalir jauh menjadi fase yang ditunggu-tunggu. Sehingga, sampah yang selama ini menjadi masalah bisa menjadi solusi untuk peningkatan ekonomi masyarakat," ungkapnya. 


Kata Gubernur, pengelolaan sampah selain meningkatkan kebersihan lingkungan. Juga mampu menghasilkan dampak peningkatan ekonomi masyarakat. "Penghasilan dengan menjual sampah di Bank Sampah tentu memberikan manfaat bagi kehidupan," terangnya.


Menurut Gubernur, peran PT STM mendirikan Bank Sampah adalah bagian dari keperdulian perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat. Keberadaan sarana ini, harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. 


"Semakin banyak sampah yang dibawa oleh masyarakat di Bank Sampah, ini tentu akan semakin besar pula nilai uang yang didapatkan oleh masyarakat," katanya. 


Pengelolaan sampah ini tambah Gubernur, selain menciptakan kebersihan lingkungan. Juga meningkatkan ekonomi masyarakat secara keseluruhan. "Ini luar biasa karena sampah mampu menghasilkan uang," tandasnya. RUL